Sekda Tapin Imbau Admin RB dan SAKIP SKPD Di Tapin Teliti Input Laporan

  • Whatsapp

Tapin, infobanua.co.id – Dalam rangka persiapan menghadapi evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin. Pemerintah Kabupaten melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah menggelar kembali pertemuan dengan seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin. Selasa, (06/07/2021), bertempat di Kantor Pemkab Tapin.

Pertemuan ini sebagai lanjutan apa yang disampaikan Bupati beberapa waktu lalu terkait persiapan masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Tapin dalam membuat laporan kegiatannya untuk disampaikan lalu di evaluasi oleh Kementerian PANRB RI. Sekretaris Daerah Tapin Pimpin Rapat Persiapan Menghadapi Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan dihadiri semua Kepala Satuan Perangkat Daerah Lingkungan Pemkab Tapin.

“Kita ingin melihat secara langsung sudah sejauhmana yang dilakukan SKPD, para kepala Bagian, dan Camat di Lingkungan Pemkab Tapin terkait pelaporan data semua pelaksanaan kegiatan di masing-masing satuan sebelum disampaikan untuk di evaluasi oleh Kementerian PANRB RI,”kata Sekda Tapin, H.Masyraniansyah.

Lanjut sekda mengatakan, untuk diketahui bahwa pada tanggal 5 sampai 16 juli 2021 yang akan datang, ada kegiatan proses penginputan data semua kegiatan di satuan SKPD dan dilakukan secara online.

“Untuk itu jangan sampai data yang sudah diupload ternyata tidak terinput masuk dalam database aplikasi online, hal ini perlu menjadi perhatian bersama. Jadi saya meminta kepada masing-masing satuan SKPD yang diberi tugas khusus administrator menguploud data agar fokus memperhatikan masuk tidaknya data yang diuploud untuk disampaikan,” tegasnya.

Ia berharap setelah pertemuan ini, apa yang menjadi penekanan agar sesegeranya dikerjakan. Sekali lagi seluruh SKPD baik camat dan kepala bagian tetap jaga kesehatan dan patuhi prokes agar apa yang menjadi impian bisa tercapai.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Tapin, Nai’mah mengatakan pertemuan ini untuk melihat dan mengecek hasil dari Tim terkait pelaporan data atau dokumen di masing-masing SKPD.

“Dengan demikian kita berharap semua kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah sesuai dengan apa yang menjadi evaluasi penilaian Kementerian PANRB,” harapnya.

Nai’mah mengatakan sebelum dilakukan evaluasi oleh Kementerian PAN RB, masing-masing SKPD akan mengisi dan menjawab kuesioner pertanyaan sebanyak 230 pertanyaaan.

“Pertanyaannya seputar kegiatan masing-masing di satuan dengan melampirkan data sebagai bukti. Oleh karena itu semua persiapan perlu dilaksanakan,” jelasnya.

Ia juga berharap masing-masing SKPD dapat mengatahui apa yang menjadi poin penilaian dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi masing-masing.

“Setelah semuanya selesai, selanjutnya beralih ke penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) yang mana tahapannya harus terlebih dahulu evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) Kementerian PANRB RI.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *