Bupati Tapin Pimpin Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Tapin

  • Whatsapp

TAPIN, Infobanua.co.id – Bupati Tapin HM.Arifin Arpan pimpin kegiatan Rapat Kordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Tapin.Rabu (7/7/2021), bertempat di Aula Kantor Sekretariat Daerah Tapin.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Tapin H.Masyaraniansyah, dihadiri Plt.Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Tapin Diah Sulistyati,SH, dan sejumlah SKPD di Lingkungan Pemkab Tapin. Narasumber di acara tersebut menghadirkan pembicara dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Transmigrasi, Dinas Pertanian Provinsi Kalsel.

Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan mengatakan kegiatan GTRA Tapin hari ini adalah pertama sesuai dengan anjuran KPK kita menata aset dengan bekerjasama Badan Pertanahan.

“Aset kita dengan jumlah sekitar 1.500 itu sudah kita kelola dengan baik, dan kalau ada aset dari tingkat satu kita benahi. Tujuannya diselenggarakan rapat kordinasi GTRA Tapin ini adalah kita membenahi aset daerah,”katanya.

Ditambahkan Plt.Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Tapin Diah Sulistyati,SH menjelaskan tujuan tugas Reforma Agraria ini merupakan kewajiban tugas pemerintah yang harus dilaksanakan hampir di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan.

“GTRA untuk Provinsi Kalimantan Selatan sudah kita laksanakan, dan tahun ini dilaksanakan di tiga kabupaten kota diantaranya Tapin, HSU, dan Tabalong. Dilaksanakan secara bergilir, “katanya.

Sesuai kebijakan pemerintah pusat dari 9 juta diminta untuk melegalisasi asset 4,5 juta, dan melegalisasi akses 4,5 juta.Di Kabupaten Tapin asetnya secara presentasi dari perkebunan, dari plasma 20 persen, dari transmigrasi bersertifikat dan lain-lain.

“Dengan dilaksanakan GTRA ini kami berharap bisa mensertifikatkan yang 4,5 juta itu dan mensertifikatkan 4,5 juta aksesnya. Kalau sudah disertifikat semua kita melanjutkan pada akses-aksesnya,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *