Covid Terus Betambah Relawan Kewalahan

  • Whatsapp

Sejumlah Anggota Ormas PP Ikut Terjun ke Lapangan

Kajen, infobanua.co.id – Beberapa hari terakhir korban ganasnya virus covid-19 cukup memprihatinkan. Untuk itu dalam sehari, relawan covid harus memakamkan puluhan jenazah. Oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian untuk membantu relawan, puluhan anggota Ormas MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pekalongan ikut turun jadi relawan pemakaman covid-19.

Adapun penyerahan relawan pemakaman covid-19, secara simbolis digelar di aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan oleh Ketua MPC PP, Candra Saputra. Sedangkan dari BPBD diwakilkan oleh Kasi Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Pekalongan, Widodo Santiko.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra menyampaikan bahwa beberapa hari terakhir angka kematian Covid-19 cukup tinggi, bahkan semalam sampai 19 yang baru bisa dimakamkan 17 jenazah. Untuk itu Pemuda Pancasila tergerak ikut membantu petugas BPBD dan relawan yang lain.

“Relawan pemakaman covid dari BPBD saat ini terbatas, tentu psikologinya terganggu apabila menangani lebih dari 3 kali dalam sehari. Oleh karena itu dari Ormas Pemuda Pancasila ada 28 relawan ingin berpartisipasi membantu petugas BPBD, ” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Candra selaku Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan mengapresiasi para relawan, karena selama ini BPBD memberikan pemakaman terbaik bagi masyarakat. Untuk itu Ormas Pemuda Pancasila ikut andil dalam memberikan pelayanan pada masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Adapun selain relawan Ormas PP juga menyediakan fasilitas kendaraan, karena selam meningkatnya Covid ini kendaraan terbatas. Bahkan kendaraan dibantu oleh dinas dinas lain.

“Relawan yang mendaftarkan diri ini merupakan inisiatif sendiri karena mengetahui resiko cukup tinggi. Para anggota tergerak dengan sukarela mendaftarkan diri dari beberapa kecamatan di Kabupaten Pekalongan, ” imbuhnya.

Kasi Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Pekalongan, Widodo Santiko menyampaikan apresiasi kepada Ormas Pemuda Pancasila untuk ikut andil menjadi relawan pemakaman Covid-19. Semoga sumbangsih dari Pemuda Pancasila bisa meringankan beban kami dalam menangani musibah luar biasa ini.

“Nanti relawan dari Pemuda Pancasila akan gabung secara dengan relawan kami untuk turun langsung ke lapangan. Sebab dalam pemakaman covid sesuai prosedur hanya menurunkan peti jenazah dari mobil sampai Liang lahat,” katanya.

Diakui bahwa beberapa hari terakhir frekuensi meninggal cukup tinggi bahkan sampai semalam ada 17 yang dipending pemakaman esok harinya dua jenazah.

“Untuk saat ini memang relawan cukup terbatas dan itupun sudah dibantu dari relawan dinas lain, ” imbuhnya.

Sementara salah seorang Relawan Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Pekalongan, Aziz mengaku tergugah karena selama ini petugas relawan BPBD kewalahan. Oleh karena itu anggota yang tergugah langsung koordinasi dengan Ketua MPC PP, Pak Candra.

“Memang resiko cukup tinggi tapi kami tetap komitmen membantu, untuk itu kami juga tetap butuh bimbingan dari relawan yang sudah terjun ke lapangan karena memang kami ini relawan baru,” imbuhnya. (Simbah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *