Begini Latihan Fisik Atlet Balap IMI Kalsel, Direndam dengan Air Es Hingga Angkat Beban

  • Whatsapp

Banjarbaru- Guna merengkuh target medali pada perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional Papua Oktober 2021. Atlet balap motor IMI Kalsel menempa dirinya dengan latihan fisik serta tehnik secara ketat.

Tak tangung-tanggung guna memaksimalkan fisik dan stamina atlet balap, IMI Kalsel menggandeng JPOK FKIP ULM Banjarbaru untuk memantapkan fisik atlet. Agar memiliki daya tahan tubuh serta stamina yang mumpuni–kuat dan kokoh.

Pantauan di lokasi latihan, Kami pagi (8/7/2021), atlet terlihat bersemangat mengikuti instruksi latihan fisik. Terlihat para atlet dengan penuh antusias mengikuti. Seperti berendam didalam bak air es, ketajaman dan keseimbangan. Pembalap diberikan latihan untuk melatih dan meningkatkan daya tahan otot, daya tahan cardiovascular.

Latihan kekuatan (otot lengan, otot tungkai, otot punggung, dan Core), latihan kecepatan reaksi, latihan keseimbangan serta latihan kelenturan otot punggung.

Jika para pembalap dulunya cukup dengan skill balap saja, saat ini tidak lagi. Walaupun tidak berlari-lari seperti olahragawan lainnya, tapi fisik di ajang balap motor sangat penting.

Para pembalap IMI Kalsel untuk PON Papua dituntut untuk punya skill bagus, tapi juga dengan kekuatan fisik dan pikiran yang juga bagus. Untuk itulah, selain ada latihan skill, juga ada latihan fisik maupun mental.

“Atlet balap motor PON Kalsel yang sudah dikarantina di Sekretariat IMI Kalsel terus kita gembleng latihan fisik dan tehnik, untuk latihan fisik pagi hari atlet ditangani JPOK FKIP ULM Banjarmasin. Sementara untuk latihan tehnik sore hari dilakukan di lapangan lingkungan Kantor Gubernur Kalsel Jalan Trikora Banjarbaru,” tegas Ketua Bidang Olahraga Sepeda Motor IMI Kalsel Ir Herry Nisfu Yanto, Rabu (7/7/2021).

 Para atlet balap dilatih untuk menjaga kekuatan,

Persiapan pertandingan harus dibarengi latihan fisik yang bisa menempa kekuatan para atlet. Salah satu latihan kekuatan. Selain itu, beberapa latihan lain di antaranya adalah:

  • Squat jump
  • Squat thrust
  • Back up
  • Push up
  • Pull up

Daya Tahan Tubuh,

Latihan fisik pembalap berikutnya ialah yang bertujuan dalam melatih daya tahan tubuh. Ini penting karena akan menentukan apakah para pemain dapat bertahan lama di arena atau tidak. Daya tahan kardiovaskuler terutama akan diutamakan.

  • Jogging untuk membiasakan diri terus bergerak agar tak cepat lelah
  • Skipping yang akan menambah stamina tubuh
  • Cutting
  • Quick starts
  • Twisting

Melatih Kelenturan

Menjadi seorang pembalap harus turut rutin melakukan latihan kelenturan. Fleksibilitas termasuk dalam poin penting karena akan membantu pembalap bergerak lincah.

Melatih Kecepatan

Di samping daya tahan, kelenturan serta kekuatan, kecepatan juga terbilang sangat penting untuk dilatih. Pembalap juga dikatih kecepatan di antaranya adalah, lari shuttle run atau lari bolak-balik dan sprint jarak pendek.

Pendinginan

Pendinginan juga termasuk dalam latihan fisik pembalap, sama seperti olahraga biasa yang pasti menyertakan langkah-langkah pemanasan serta pendinginan. Latihan fisik ini memang cukup berat sehingga gerakan pendinginan tidak boleh dilupakan mulai dari kepala hingga kaki.

Atlet balap juga harus menjaga asupan makanan

Latihan fisik pembalap turut memperhatikan kesehatan fisik. Setelah selesai melakukan latihan fisik, maka para atlet masih harus menjaga asupan nutrisi hariannya.  Kecepatan, kelenturan serta daya tahan fisik tinggi takkan bisa didapat tanpa adanya asupan gizi yang memadai.

Mempertahankan Gaya Hidup Sehat

Memperhatikan gaya hidup ialah kewajiban lain atlet balap. Rajin melakukan latihan fisik bukan satu-satunya poin penting dalam menjadi seorang atlet handal. Gaya hidup sehat juga wajib diperhatikan karena dapat turut mempengaruhi performa fisik seseorang.

Jauhi kebiasaan merokok, minum-minuman keras serta begadang. Atlet sepak bola harus memiliki kualitas tidur yang baik dan jam tidur maksimalnya adalah 10 malam.

Termasuk dalam gaya hidup kurang sehat yang sebaiknya dijauhi ialah makan pada malam hari dan begadang.

Menurut Yanto, IMI Kalsel menyiapkan 4 atlet balap motor untuk melakukan training centre tahap pertama dan tahap kedua hingga Oktober-September 2021.

“Hasil latihan fisik dan tehnik dengan menggunakan sepeda motor standar, 4 atlet akan menjajal kemampuannya di sirkuit balap Marido Tabalong 10 dan 11 Juli. Hasilnya akan kita terus evaluasi,” ujarnya.

Menurut Yanto, atlet motor PON Kalsel ini nantinya akan melakukan sparing dengan tim balap motor PON Kalteng. “Lewat sparing dengan pembalap PON Kalteng akan kita ketahui hasil dari para pembalap PON Kalsel,” katanya.

atlet moror PON Kalsel di Papua, Hendra Rosadi dan Adita. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *