Pemkab Tapin Gelar Asistensi SAKIP 2021

  • Whatsapp

TAPIN, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar asistensi Satuan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara offline yang diikuti semua perangkat daerah lingkup Kabupaten Tapin.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Tapin HM. Arifin Arpan didampingi oleh Sekda Tapin H Masyraniansyah, Bertempat di meeting room G-Sign, Rabu malam 07/07.

Kepala Bappelitbang Tapin Zainal Aqli mengatakan dilaksanakannya asistensi Sakip tidak lain adanya hasil evaluasi dari Menpan RB Republik Indonesia hasil Sakip Kabupaten Tapin pada tanggal 31 Maret 2021 bahwa pencapaian nilai Sakip Tapin adalah B.

“Adanya asistensi sakip ini salah satu upaya peningkatan laporan kinerja pemerintah,” Jelasnya.

Kegiatan sendiri dilaksanakan dari tanggal 7 Juli 2021 hingga 10 Juli 2021 mendatang, dengan harapan skpd dapat melakukan perbaikan atau pemulihan dokumen.

Sekda Tapin H Masyraniansyah menekankan kepada semua SKPD khususnya kepala SKPD jangan menganggap SAKIP itu tanggung jawab dari kabag maupun kabid, namun itu tanggung jawab semua pihak mulai dari pimpinan hingga kebawah.

“Jangan menganggap sakip tanggung jawab kabag atau kabid,” Tegasnya.

Untuk itu dalam ekspose sakip nantinya akan dimulai dari SKPD yang nilainya masih kurang, sehingga semua pihak dapat saling belajar dan menyamakan persepsi, dengan tujuan semua pihak dapat sama – sama belajar.

“Dengan adanya asistensi SAKIP ini jangan sampai membuat kepala SKPD tidak mengerti,” Ujarnya.

Hal ini agar pada saat ekspose sakip mendatang di hadapan menpan reformasi birokrasi yang menyampaikan bukan dari staf namun dari kepala SKPD langsung. Berharap Kabupaten Tapin mendapatkan nilai BB bahkan lompat langsung ke A.

Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan menjelaskan sebagaimana rekomendasi kemenpan RB atas sakip Kabupaten Tapin, perangkat daerah harus menyusun langkah – langkah perbaikan dalam rangka peningkatan sakip Kabupaten Tapin.

“Perbaikan berfokus pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemahaman sakip di perangkat daerah,” Paparnya.

Menurut mantan ketua DPRD Kab Tapin ini, kemampuan manajerial para pejabat strategis inilah yang akan menentukan kinerja perangkat daerah kedepan apakah baik atau malah sebaliknya.

“Kinerja seseorang akan menentukan kinerja perangkat daerah, yang nantinya akan menentukan kinerja pemerintah daerah Kab. Tapin,” tegasnya.

Untuk itu berharap kepada semua SKPD agar dapat bersama – sama melakukan yang terbaik seperti ketelitian perangkat daerah mulai dari perencanaan pelaksanaan pengawasan hingga evaluasi program.

” Hal ini agar dapat menjalankan prinsip utama Good Governance yang akuntabel, transparan, partisipatif, efektif dan efisien,” Ujarnya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *