Petugas Gabungan Kabupaten Blitar, Disiplinkan Protkes di Pasar Tradisional

  • Whatsapp
Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, ketika memberi sosialisasi terhadap para pedagang di pasar tradisional.

Blitar, Infobanua.co.id –Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Blitar, Kodim 0808.Blitar dan Satpol PP Kabupaten Blitar, menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (protkes) dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Operasi yustisi dilakukan pagi buta saat pedagang dan pembeli baru saja memulai aktivitasnya, di pasar tradisional Kanigoro, Kabupaten Blitar, Kamis 08-07-2021 dini hari.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, Komandan Kodim 0808 Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono, dan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso, memimpin langsung operasi yustisi tersebut.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan, selama PPKM Darurat ini pihaknya setiap hari melakukan operasi yustisi.

Dan memberikan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan (protkes), baik sanksi berupa denda, teguran lisan, dan teguran tertulis.

“Di Pasar tradisional Kanigoro over all, kami melihat kepatuhan sudah cukup baik, kesadaran warga masyarakat untuk taat akan protkes meningkat,” kata Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela,

Sementara Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso, mengatakan, adanya sosialisasi, himbauan, dan sanksi bagi warga masyarakat secara intensif untuk mematuhi protokol kesehatan cukup efektif, dalam menekan penyebaran covid-19.

“Kami berharap kasus covid-19 di Kabupaten Blitar yang belakangan terus mengalami peningkatan bisa dikurangi,” kata Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso.

Menurut Rahmat, memang masih ada beberapa warga masyarakat yang memang pakai maskernya kurang benar, mereka diberi sosialisasi dan himbauan.

“Ini kami lakukan untuk menekan penyeberan virus covid-19 di Kabupaten Blitar. Utamanya di tempat yang rawan penularan seperti di pasar tradisional, karena selalu ada aktivitas yang melibatkan banyak orang,” jentrehnya.

Untuk diketahui bahwa, Kabupaten Blitar telah memberlakukan PPKM Darurat, karena Kabupaten Blitar masuk dalam asesmen situasi pandemi level 3.

Dan level asesmen ini ditetapkan berdasarkan tingkat penyebaran dan peningkatan penambahan kasus terpapar covid-19, serta mobilitas warga masyarakat serta perekonomian termasuk terkait vaksinasi.

Di Kabupaten Blitar berdasarkan data dari Satgas Penanganan covid-19, pada Rabu 07 Juli 2021, terdapat tambahan 54 kasus baru positif covid-19.

Dengan angka kematian mencapai 14 kasus dan angka kesembuhan 10 orang di hari yang sama. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *