Karena Anggaran di Refocusing, Dindik Kota Blitar Hanya Rehab Delapan Sekolah

  • Whatsapp
Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar, menginformasikan jika jumlah bangunan Sekolah Dasar (SD) yang akan direhab oleh Dinas Pendidikan Kota Blitar pada tahun 2021 ini turun jika dibandingkan pada tahun 2020 yang lalu.

Pasalnya, alokasi anggaran untuk rehab bangunan SD banyak yang dipangkas untuk penanganan covid-19.

Kepala Dindik Kota Blitar, melalui Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat, mengatakan, hanya ada 08 buah SD yang mendapat alokasi rehab pada tahun 2021 ini.

“Sedangkan 08 SD yang mendapat alokasi rehab tahun ini, yakni SDN Plosokerep 2, SDN Sentul 4, SDN Bendo 2, SDN Bendo 1, SDN Rembang 1, SDN Tanggung 2, SDN Karangsari 2, dan SDN Sananwetan 1,” kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat, Jum’at 09-07-2021.

Menurut Didit, karena dampak refocusing, sehingga banyak mengurangi alokasi anggaran untuk rehab sekolah. Dan tahun ini, hanya delapan sekolah yang dapat alokasi rehab.

“Delapan sekolah yang mendapat alokasi rehab tahun ini memang masuk dalam data skala prioritas,” jlentrehnya.

Lebih dalam Didit menyampaikan jika rehab untuk delapan SD tersebut meliputi perbaikan ruang kelas, pembangunan mushola, dan penambahan fasilitas lain.

Sedang alokasi anggaran untuk rehab delapan SD tersebut sebesar Rp.1 Miliar dari APBD Kota Blitar.

“Namun kami tetap akan mengusulkan beberapa Sekolah yang masuk data untuk rehab pada anggaran tahun berikutnya,” terangnya.

Selanjutnya Didit menjelaskan, pihaknya juga mendapat alokasi anggaran rehab sekolah dari Dana Alokadi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat.

Dan alokasi anggaran dari DAK hanya untuk merehab tiga buah Sekolah saja.

“Anggaran rehab Sekolah dari DAK nilainya juga tidak banyak. Cukup hanya untuk metehab tiga Sekolah saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2020 lalu, Dinas Pendidikan Kota Blitar merehab sebanyak 20 bangunan SD dengan alokasi anggaran sekitar Rp 2,6 miliar.

Anggaran rehab Sekolah pada tahun 2020 lalu sebagian juga terpangkas refocusing untuk penanganan covid-19. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *