Tilap ADD/DD Senilai 831 Juta, Masyarakat Desa Nanga Merkak Tuntut APH Usut Tuntas Mantan Kades

  • Whatsapp

Sintang, infobanua.co.id – Sejumlah tokoh masyarakat desa nanga merkak kecamatan ketungau hilir kabupaten sintang mendatangi polres sintang pada jumat siang 9/7/2021 untuk menyampaikan pengaduan penyalahgunaan dana desa yang dilakukan mantan kades sdr cerdus awen periode 2014-2019.

Hasil dari investigasi ( LHA ) yang di lakukan oleh pihak insekpetorat kabupaten sintang bernomor : 700/06/ITKAB/2021 pada tanggal 19/01/2021 tentang pengelolaan keuangan dana desa, terhadap desa merkak kecamatan ketungau hilir, laporan hasil audit tersebut telah di temukan bahwa saudara cerdus awen telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai kades di mana dari tahun 2017,2018 dan tahun 2019 dana yang tidak terealisasi di lapangan sebesar Rp.831.426,000 ( Delapan ratus tiga puluh satu juta empat ratus dua puluh enam ribu rupiah ) dengan temuan sebanyak 14 item pekerjaan baik fisik maupun non fisik yang tidak terealisasi di lapangan.

Menurut keterangan yang kita dapat bahwa saudara cerdus awen sudah di surati oleh dinas pembedayaan masyarakat dan pemerintah desa kabupaten sintang bernomor : 700/440//DPMPD-B/2021 pada tgl 2/2/2021, serta pihak kecamatan ketungau hilir bernomor : 700/007/KetHilir-PEM/I-2021 tertanggal 14/1/2021 untuk segera mengembalikan kerugian negara sesuai hasil LHA selambat lambatnya 60 hari masa kerja kalender, ungkap marten.

Bukti sudah sangat jelas bahwa kades desa merkak telah melakukan korupsi yang nilainya tidak tanggung tanggung yakni Rp. 831.426 juta oleh dasar tersebutlah kami masyarakat membuat laporan ke polres sintang untuk dapat segera menindaklajuti tindakan yang telah merugikan negara, sehingga ada efek jera buat kades kedepan supaya tidak melakukan hal hal yang merugikan keuangan negara, kami masyarakat desa merkak merasa sangat dirugikan dengan ulah mantan kades tersebut, sebab banyak proyek di lapangan yang terbengkai bahkan tidak di bangun sama sekali, yang tentu berimbas terhadap kesejahteran masyarakat desa nanga merkak, pungkas martin .( ysi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Mohon pemerintah yg berwajib tunjujan Dan buktikan dimana letak keadilan buat kami masyarakat awam sperti kami , kami perlu perlindungan dimna Letak hak2 kami ,,

  2. dgn ada nya kejanggalan yg di temukan di tingkat desa,, kita berharap semua desa di seluruh kabupaten sintang di audit, minimal setiap pencairan add dd,, utk pencegahan penyalhgunaan dana desa,, salam peduli desa