Bupati Pessel Perintahkan Nakes Beri Pelayanan Kesehatan Merata hingga ke Pelosok

  • Whatsapp

Pesisir Selatan, Infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengingatkan tenaga kesehatan agar melaksanakan pelayanan kesehatan secara merata pada masyarakat hingga ke kampung-kampung terpencil.

“Saya minta tenaga kesehatan pada semua fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Pesisir Selatan agar memberikan pelayanan kesehatan sepenuh hati pada masyarakat,” pinta Bupati Rusma Yul Anwar, Selasa (13/7) di Painan.

Selain itu, bupati meminta Dinas Kesehatan meningkatkan fungsi sarana kesehatan yang ada seperti Puskesmas di kecamatan dan Poskesri. “Ya, sebagaimana diketahui Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kecamatan. Oleh karena itu, fungsi Puskesmas harus diperkuat, baik dari sisi aparatur maupun pelayanan kesehatan,” katanya.

Disebutkan, setiap Puskesmas juga dituntut memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat seperti pelayanan kesehatan terhadap beberapa penyakit yang rawan terjadi pada masing-masing daerah kerja Puskesmas tersebut.

“Sekarang, setiap kecamatan telah memiliki Puskesmas baik Puskesmas Rawat Jalan maupun Puskesmas Rawat Inap. Sementara Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) juga tersebar di 15 kecamatan yang ada.

Di sisi lain, kualitas sumberdaya tenaga medis terus ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. Itu amat penting sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat semakin optimal, ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, dr.Satria Wibawa mengatakan, pihaknya tetap konsentrasi membenahi dan memperkuat fungsi Puskesmas yang ada di setiap kecamatan.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah meningkatkan disiplin aparatur, pelayanan medis, penyuluhan kesehatan masyarakat, pembenahan dan kebersihan lingkungan Puskesmas dan lainnya.

“Ya, fungsi Puskesmas harus diperkuat baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis. Namun tentu harus didukung dengan anggaran yang memadai, sehingga fungsi tadi dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ucapnya. (Robi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *