Kadisbunnak Kalsel : Meskipun Ditengah Pandemi Permintaan Sapi Untuk Qurban Masih Terbilang Tinggi

  • Whatsapp

Kadisbunnak Kalsel : Meskipun Ditengah Pandemi Permintaan Sapi Untuk Qurban Masih Terbilang Tinggi

 

Banjarbaru, infobanua.– Meskipun masih dikepung oleh Pandemi Covid-19, permintaan hewan kurban untuk keperluan Hari Raya Idul Adha 1442 H, khususnya di Kalimantan Selatan, diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 10 persen.

 

“Pada tahun lalu kita memprediksi bahwa akan ada kenaikan permintaan hewan kurban sebesar 10 persen di tahun 2021 ini,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Selatan, Suparmi melalui Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, drh. Edi Santosa. Rabu (14/7).

 

Pada tahun 2020, permintaan hewan kurban meliputi Sapi, Kambing dan Domba mencapai 12.512 ekor. Dimana, Kota Banjarmasin mejadi daerah terbanyak dalam melakukan pemotongan sapi saat Idul Adha tahun lalu, dengan angka 2.443 ekor.

 

“Jadi total diperkirakan permintaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun 2021 akan naik menjadi 13.763 ekor,” ungkapnya.

 

Tingginya minat masyarakat dalam berkurban tahun ini menjadi indikator Disbunnak Kalsel dalam memprediksi kenaikan permintaan hewan kurban sebesar 10 persen tersebut.

 

Selain itu, indikator lainnya ialah, sebagai antisipasti pihaknya dalam mencegah terjadinya kekosongan stok hewan bagi masyarakat yang hendak melakukan kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini.

 

Kemudian, hewan yang nantinya akan digunakan untuk berkurban juga diwajibkan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKHH) dari instansi terkait setempat.

 

“Bagi yang belum memiliki SKHH dapat mengubungi instansi terkait di wilayahnya masing-masing,” terangnya.

 

Lebih jauh, ia menerangkan bahwa demi mengastipasi kekosongan hewan, pihaknya juga mendatangkan dari luar daerah sebanyak 2.800 ekor untuk keperluan kurban tahun ini.

 

“Paling banyak itu didatangkan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Kalau Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa itu jarang,” tandasnya.

 

Terkait hal ini, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA melalui surat resminya, turut menghimbau seluruh Kepala Daerah agar dapat ikut serta mengawasi pelaksanaan kurban tahun ini, yang notabenenya dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Pungkasnya

 

feb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *