Pengerukan Dranase Lampuyang Dengan Handil Sohor, Banjir Dapat Teratasi

oleh -2 views
Kadis PUPR Kotim, Ir Makmur meninjau langsung melihat pekerjaan pengerukan di Handil Sohor. (Ist/brt).

Sampit,Infobanua.co.id – Pendangkalan dranase sebelum adanya pengerukan oleh Pemerintah Daerah, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit sering terjadi banjir di daerah Lampuyang, kecamatan Teluk Sampit dan Handil Sohor kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Samuda Tidak sedikit warga yang bekerja sebagai petani di daerah tersebut gagal panen dan merugi yang tidak sedikit.

Sejak adanya pengerukan yang dikerjakan oleh PUPR, Kabupaten Kotawaringin Timur, pada musim hujan tidak ada lagi yang nama banjir sampai ke jalan raya. Padahal sebelum ada pekerjaan pengerukan, jalan Lampuyang dan sekitarnya tanaman padi punya petani terendam air akan tetapi setelah dikeruk tanaman padi dapat diselamatan dari banjir.

“Saya bersyukur sekali dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah, Kabupaten Kotawaringin Timur, terutama kepada Bupati Kotim,Halikinnor yang selama kepemimpinannya dapat mengatasi masalah banjir di Lampuyang.” Ujar salah seorang warga Lampuyang yang mengaku bernama Hamsah.

Selesai normalisasi dranase Lampuyang, kecamatan Teluk Sampit, pekerjaan pengerukan dilanjutkan di Handil Sohor, kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Samuda. Di Handil Sohor dari pantauan infobanua Sampit, juga tidak luput dengan banjir bila musim hujan. Bahkan dimusim hujan di Handil Sohor ini, air sampai ke jalan raya dan rumah warga juga ikut terendam.

Kadis PUPR Kotim, Ir Makmur melalui Kabid Sumber Daya Air, Kasful Zen ketika dihubungi infobanua Sampit, terkait pekerjaan pengerukan normalisasi dranase. Bahwa pekerjaan tersebut ada kurang lebih 1.500 meter, dengan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin.

“pekerjaan ini dilakukan yang kritis saja, namun tetap akan di usulkan pada 2022 mulai dari muara.” Terang Kasful Zen melalui telpon selularnya WhatsApp kepada infobanua Sampit,Selasa (13-07-2021).

Sementara juga Agung warga Handil Sohor, kecamatan Mentaya Hilir Selatan dengan adanya pekerjaan pengerukan ini berharap pada tahun 2022 akan datang terus dilanjutkan sesuai dengan harapan warga.

“Mudah mudahan saja pada tahun selanjutnya pekerjaan seperti ini, dapat dilaksanakan kembali dan saya berharap jalan raya nya juga perlu pengerukan.”Pinta Agung.

Penulis : Zainal