Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan Buka Formasi Tenaga Honorer Berpeluang Jadi PNS

  • Whatsapp
Kaharuddin Andi Tokkong.SS Kepala kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia

Nunukan, BARITO – PemerIntah daerah kabupaten Nunukan melalui BKPSDM daerah kabupaten Nunukan telah membuka lowongan atau formasi Guru Untuk menjadi pegawai Negeri Sipil (PNS)

Menurut Kaharuddin Andi Tokkong SS jabatan kepala BKPSDM kabupaten Nunukan mengatakan bahwa tahun 2021 kita akan menerima ASN dalam hal ini P3K guru atau pegawai pemerintah pada hari Kamis 15/07/2021.

Menurut kaharuddin bahwa pemerintah daerah kabupaten Nunukan membuka peluang penerimaan cpns utamanya para Guru Honorer melalui Tes
dengan perjanjian kontrak dalam hal ini guru.

program ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2020 oleh wakil Presiden Republik Indonesia kemudian juga secara bersama oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dan menteri keuangan saat ini sedang dalam proses pendaftaran secara online melalui website Pemerintah kabupaten Nunukan melalui website BKPSDM kita bisa mendapat informasi dari situ.

Syarat-syarat pendaftarannya sudah kami umumkan siapa-siapa saja yang boleh mendaftar apa saja yang perlu disiapkan itu semua sudah ada di website BKP SDM kabupaten Nunukan.

Untuk proses informasi yang kita usulkan sesuai dengan jumlah kebutuhan guru kita berjumlah 525 orang yang tersebar dari Nunukan sebatik hingga ke wilayah pulau Kalimantan, hanya saja setelah keluar penetapan dari kementerian pan RB maka yang disepakati untuk formasi P3K guru sebesar 475 orang guru,
dan sudah ditentukan lokasinya masing-masing sekolah disebutkan dengan jenis guru apa yang dibutuhkan itu sudah ditentukan berdasarkan data yang dimiliki oleh dinas pendidikan dan kebudayaan Kab Nunukan yang sudah di-upload ke eformasi BKN.

Menurut dari 475 formasi guru yang disetujui ada sekitar 50 formasi guru yang tidak disetujui artinya adalah ada potensi beberapa sekolah yang tidak mendapatkan karena bisa saja sekolah itu dianggap sudah cukup gurunya atau menurut BKN mungkin masih ada yang lebih membutuhkan guru.

Proses pendaftaran sudah berlangsung P3K guru ini bisa di-upload di website bpdsdm nunukan co.id.

di situ sama persyaratan pengumuman persyaratan yang dibutuhkan kemudian nanti mendaftar melalui aplikasi SSC ASN badan kepegawaian negara (BKN) Republik Indonesia.

Jadi memang karena memang P3K guru ini memang standar dari kementerian pendidikan itu yang umurnya 20 tahun sampai 59 tahun tetapi guru yang paling tua atau yang sudah berumur justru mendapatkan poin yang lebih tinggi karena nanti ada penilaian langsung dari BKN pada saat ujian lisan atau wawancara.

Hanya saja memang antara guru honor yang potensial untuk daftar di kabupaten Nunukan ini kan sekitar 600 orang sementara formasi yang terbuka sekitar 475 orang praktisnya ada 100 orang lebih ih yang tidak terakomodir,
itu disebabkan karena antara potensi untuk melamar dengan jumlah formasi yang tersedia memang tidak seimbang maka dilakukan tes.

saat ditanya Bagaimana caranya agar bisa diterima?.

Menurut Kaharuddin lulusan terbaik Fakultas Sastra Unhas bahwa masalah Kelulusan memang ada sejumlah persyaratan pertama yang tes pertama itu adalah orang yang mengabdi sebagai guru honorer sekolah negeri.

Kemudian kedua mereka bisa mendaftar di sekolah yang sama kemudian hanya akan berkompetisi dengan temannya sendiri.

Ada tahapan jika di gelombang pertama tidak lulus karena misalnya hanya ada dua peluang maka mendaftar lagi di peluang kedua atau di gelombang kedua, jika tidak lulus lagi mendaftar lagi di gelombang ke-3. Yang penting mereka sudah mendaftar duluan, pendaftaran hanya satu kali mulai dari tanggal 30 Juni kemarin sampai tanggal 21 Juli 2021.

Lanjud Kaharuddinn untuk pendaftaran artinya masih ada kesempatan untuk bapak dan ibu guru di manapun berada untuk bisa segera mendaftar dan melengkapi data – data dan dokumen yang dibutuhkan.

Sebab yang mempengaruhi tingkat kelulusan juga metode ujiannya berbeda dengan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil( CPNS) Tesnya CPNS beda beda seperti dasar dan lain, sebagainya untuk P3K ini agak berbeda Ujar Kaharuddin menutupnya (Yuspal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *