Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan Melalui Upt Lla Sebatik Dishub Retribusi Setiap Tahun Meningkat Atas Kesadaran Masyarakat

  • Whatsapp
Zainal Abindinsyah kepala upt Perhubungan sebatik bersama Guernur Kaltara Drs.sainal paliwang SH

” Sekilas wawancara dengan Kepala UPT Lalu Lintas Angkutan Sebatik Dinas Perhubungan di Pulau Sebatik “

Nunukan, infobanua.co.id

Apa saja Tugas dan Fungsi UPT LLA SEBATIK DISHUB di Sebatik?

Menurut Zainal Abidinsyah, SE selaku Kepala UPT LLA Sebatik Dinas Perhubungan bahwa Tugas kami di Sebatik berbeda dengan UPT lainnya di Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan. Baik luas wilayah kelompok kerja dan jumlah personil.

Jumlah personil sebanyak 62 orang dengan luas wilayah kerja meliputi 5 kecamatan jumlah yang ada di Pulau Sebatik.

Sebagaimana yg tercantum dalam Peraturan Bupati Kabupaten Nunukan No 18 Tahun 2018 Tentang Pembentukan UPT LLA Sebatik pada Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan.

Zainal dilantik pada Selasa 10 Januari 2017 menjabat sebagai Kepala UPT Terminal Sebatik Dinas Perhubungan.

Kemudian dilantik kembali di tahun 2018 sehubungan perubahan nomenklatur dilantik kembali menjadi Kepala UPT LLA Sebatik Dinas Perhubungan.

UPT LLA Sebatik Dinas Perhubungan tugas pokok dan fungsi kami melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang teknis pelayanan jasa, pengawasan, pengaturan, pengendalian, pemeriksaan dan pemungutan retribusi di bidang lalu lintas dan angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan.

Tugas – Tugas Pelaksanaan Pelayanan kami di UPT adalah

1. Kelompok kerja kepelabuhan yaitu ; Pelayanan Jasa Kepelabuhanan di pelabuhan dermaga dan pemungutan retribusi jasa kepelabuhanan .
2. Kelompok kerja Lalu Lintas Angkutan Jalan ( LLAJ ) yaitu ; Optimalisasi penggunaan jaringan jalan dan gerak lalu lintas dalam rangka menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas angkutan jalan melalui kegiatan pengawasan dan pengendalian lalu lintas angkutan jalan.

3. Kelompok kerja Pengujian Kendaraan Bermotor ( PKB ) yaitu ;
Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor secara berkala sesuai regulasi dan Pemungutan Retribusi Pelayanan Pengujian. 4. Kelompok kerja Pemeliharaan Sarana dan Prasarana PJU yaitu ; Pengelolaan sarana prasaran pelabuhan terminal dan Penerangan Jalan Umum.
5. Kelompok kerja parkir kendaraan bermotor yaitu ; Melakukan pengelolaan parkir beserta sarana prasarana dan pemungutan retribusi parkir.

UPT LLA Sebatik Dinas Perhubungan setiap tahunnya dalam pengelolaan retribusi selalu melampaui target. Ini karena kesadaran masyarakat yg tinggi. Masyarakat Pulau Sebatik memahami dan menyadari kewajiban retribusi guna membangun infrastruktur pelayanan jasa transportasi.

Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Angkutan Jalan sebelum Covid 19 , personil melayani masyarakat di jalan raya itu pada jam-jam kantor jam sekolah itu saya tempatkan beberapa personil di beberapa titik. Seperti lokasi keramaian tempat seperti pernikahan demikian juga dengan pengamanan.
Jika ada tamu dari luar pulau sebatik. Penerangan Jalan Umum atau PJU yang bertugas mengawasi memelihara beberapa lampu jalan yang ada di Pulau Sebatik sebanyak 152 dan terakhir kemarin kami dapat bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Nunukan sebanyak 32 lampu dan itu sudah berfungsi.

tujuannya untuk meminimalisir angka kecelakaan pada malam hari juga menekan angka kriminal karena kalau gelap kan pasti ada potensi untuk terjadi tindak kriminal ujar Zainal.

Selanjutnya kami juga dalam kami mengelola kelompok kerja di pelabuhan dermaga yaitu Dermaga Lalosalo dan pos di sana kita lakukan pungutan Retribusi untuk barang ekspor impor namun tidak hanya kita mengelola tapi juga kita mengawasi keluar masuknya barang.

pemerintah juga mempertahankan kearifan lokal, barang-barang yang tidak boleh masuk hanya untuk barang-barang untuk kebutuhan pokok masyarakat di Pulau Sebatik.

Kami juga mengelola pelabuhan sungai nyamuk beberapa personil di sana untuk melakukan pengawasan namun tidak memungut biaya, sehubungan disana yang dikelola oleh pihak UPP Syahbandar.

Selanjutnya kami mengawasi kegiatan kelompok kerja di pelabuhan Binalawan.
Pelabuhan Binalawan itu ada dua kegiatan di depan dermaga itu sendiri yaitu pemungutan retribusi baik retribusi pas penumpang barang maupun tambat kapal.
Di depan Dermaga itu sendiri ada juga retribusi parkir untuk jenis kendaraan roda empat yaitu parkir di jalan umum.

Kami juga mengelola Pelabuhan Feri penyeberangan di Liang Bunyu Pelabuhan ini kami kelola di sana ada 11 orang personil kami tempatkan di sana untuk mengelola di
penyeberangan, dimana
penyeberangan ini beroperasi dalam sepekan empat kali dan 4 hari yaitu di hari Minggu, Senin, Rabu dan hari Jumat begitu Seterusnya.

Wilayah tugas kami juga sampai Terminal Dermaga Bambangan kami mengelola jasa tarif retribusi baik pas penumpang pas mobil dan orang yang juga di dermaganya.

Selain itu kami juga mengelola uji kendaraan bermotor yang resmi ini di Sebatik ini sekitar ada 152 unit kendaraan resmi yaitu angkutan umum dan orang barang dan sejenisnya. Seperti mobil Dum truck, Mobil Penumpang dan Pick Up. pelayanan Uji kir kendaraan ada retribusi pelayananitu juga ada potensi yang kita pungut namun untuk sekarang ini sudah tidak ada lagi karena menunggu sistem yang akan diberlakukan atau pola yang akan diberlakukan di Pulau Sebatik terakhir kami juga mengelola parkir jadi parkir ini sudah kami jalankan kan selama tahun 2021. Parkir ini sendiri ada dua jenis ada parkir kendaraan umum dan ada parkir di tempat khusus Maksudnya di tempat khusus ini seperti fasilitas pemerintah kami di sini hanya memungut di tempat-tempat fasilitas pemerintah seperti di PKM Puskesmas Aji Kuning Puskesmas sungai Taiwan, Puskesmas sungai Nyamuk, dan Puskesmas di setabu.

Untuk di tempat umum Termasuk Di jalan umum di depan Dermaga binalawan dan di pasar-pasar dibinalawan sebatik barat kabupaten Nunukan (Yuspal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *