Categories: HULU SUNGAI UTARA

Jelang Idul Adha, Disperingkop-UKM HSU Gelar Pasar Murah

AMUNTAI, infobanua.co.id – Jelang hari raya Idul Adha 1442 H, Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM (Disperingkop-UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pasar murah di Desa Bayur Kecamatan Haur Gading. Jumat (16/7/2021)

Kepala Dinas perdagangan Kalsel H Birhasani, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan cara memudahkan yakni pasar murah langsung di Desa dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasaran pada umumnya.

“Disamping menyambut Idul Adha, kegiatan ini sebagai upaya kita mengantisipasi terhadap penerapan PPKM Darurat yang diterapkan di Jakarta, Jawa dan Bali, kita harus berupaya menjaga ketersediaan bahan pokok didaerah kita kalimantan selatan.” Katanya

Lebih lanjut, ia menambah kegiatan pasar murah yang digelar di kabupaten HSU ini merupakan kegiatan yang ke -enam yang dilaksanakan pihaknya.

Selain itu, lanjutnya kegiatan ini pun tidak dapat dilakukan disemua kabupaten/kota di kalsel lantaran masih adanya kabupaten/kota yang masuk zona merah.

“Ternyata tidak semua kabupaten/kota yang bisa kita terapkan, karena kita akan memperhatikan kondisi perkembangan Covid-19, saat ini ada dua Kabupaten yang terpaksa undur jadwalnya, karena desa yang kita rencakan termasuk zona merah” Katanya.

Melalui kegiatan yang melibatkan Bulog, dan perusahaan-perusahan distributor ini, Birhasani juga mengaku berterima kasih kepada Disperingkop Kabupaten HSU dan Ketua Tim Penggerak PKK yang turut mendukung kegiatan ini, terlebih pada upaya peningkatan UMKM di HSU yang ikut dilibatkan dalam kegiatan pasar murah kali ini.

Sementara itu, Plt Disperingkop-UKM Kabupaten HSU M Rofiq mengaku menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Kalsel ini.

” Alhamdulillah, antusiasme masyarakat sangat besar, karena ada perbedaan harga antara harga di pasar dengan harga di pasar murah ini” Kata Rofiq.

Menurutnya, meski menjelang hari raya Idul Adha saat ini di Kabupaten HSU harga komoditi bahan pokok cendrung stabil, adanya pasar murah ini tentu sangat membantu masyarakat.

Hal serupa juga diungkapkan, Ketua TP PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah mengaku berterimakasih atas kerjasama antara Dinas Perdagangan Kalsel dengan Disperingkop-UKM Kabupaten HSU.

“Ada juga beberapa distributor produk yang ikut berpartisipasi dalam pasar ini, mulai dari Bulog, Nestle, sampai UMKM Kabupaten hulu sungai utara yang tidak kalah ikut memeriahkan kegiatan pasar murah ini” Imbuh Anisah.

Anisah juga berharap kegiatan ini akan terus berlanjut kedepannya terutama di kabupaten Hulu Sungai Utara.

Salah seorang warga, Samiyah mengaku senang adanya pasar murah ini di Desanya.

“Di sini harga sabun, gula, tepung, minyak goreng lebih murah daripada di pasar,” ucapnya.

Fai/IB

admin

Recent Posts

Bank Kalsel Serahkan 3 Printer Qris ke Samsat Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id - Bank Kalsel menyerahkan 3 unit printer Qris pencetakan pembayaran pajak kepada UPPD…

3 jam ago

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Masjid Muhammadiyah Sungai Mia Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kepedulian Bank Kalsel dalam membantu berbagai kegiatan sosial di Banua, baik itu…

4 jam ago

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

5 jam ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

5 jam ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

5 jam ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

6 jam ago