Festival Budaya 2021 di Barito Selatan Ditunda

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata Dan Kebudayaan (Disporabud) Barito Selatan, Dr. Manat Simanjuntak, S,. M. Pd

Buntok, infobanua.co.id – Festival budaya 2021 di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang sebelumnya akan diselenggarakan pada Tanggal 3 Juli 2021 tadi resmi ditunda oleh Pemerintah Daerah setempat.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata Dan Kebudayaan (Disporabud) Barito Selatan, Dr. Manat Simanjuntak, S,. M. Pd kepada wartawan disela kesibukan, Senin (19/7/2021).

 

Dirinya menegaskan kepada seluruh lapisan masyarakat, bahwa festival budaya ini bukan dibatalkan akan tetapi ditunda dulu sampai betul-betul menurunnya angka kasus covid-19 di Kabupaten setempat.

 

“Penundaan ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama dengan pihak Pemerintah setempat dan tim satgas covid-19,” ucapnya.

 

Lanjutnya, setelah adanya kesepakatan, pihaknya langsung melaporkan hal tersebut ke Kementrian Pendidikan Dan Budaya. Akan tetapi pihaknya meminta penundaan tersebut harus ada tenggang waktu yang pasti.

 

“Mudah-mudahan saja festival ini bisa kita wujudkan pas moment Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Barito Selatan pada Bulan September nanti,” beber Manat.

 

Manat juga menambahkan, kalau memang angka kasus covid-19 ini tidak ada tanda-tanda perubahan, maka mau tidak mau pihaknya akan menyelenggarakan festival budaya tersebut secara virtual tetapi tidak melibatkan adanya penonton.

 

“Apapun Yang kita lakukan saat ini semata-mata hanyalah pengembangan seni Dan budaya Yang ada di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” ujar Manat.

 

Maksud Dan tujun dari festival budaya ini sambung manat, bukan hanya untuk keramaian tetapi juga untuk mengenalkan seni dan budaya Daerah sampai dikenal ke tingkat Nasional dan menanamkan edukasi tentang budaya kepada masyarakat agar masyarakat turut serta melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur terdahulu.

 

“Mudah-mudahan saja pada akhir Bulan September nanti festival budaya 2021 bisa kita laksanakan,” tutup Dr. Manat.

fan/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *