Jumlah Hewan Kurban Yang Disembelih di RPH Kota Blitar Naik

  • Whatsapp
Hewan kurban di RPH Kota Blitar.

Blitar, Infobanua.co.id – Dalam PPKM Darurat yang masih diterapkan di Kota Blitar, banyak warga masyarakat yang cenderung menyembelih hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Jumlah hewan kurban yang disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Blitar meningkat pada Hari Raya Idul Adha 1442.H/2021.M tahun ini.

Kepala Dinas Peternakan Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, melalui Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Dewi Masitoh, mengatakan, sampai dengan hari Senin 19 Juli 2021, sebanyak 142 hewan kurban yang akan disembelih di RPH Kota Blitar. 142 hewan kurban tersebut terdiri atas 114 ekor Sapi dan 28 ekor Kambing.

“Jika dibandingkan dengan Idul Adha tahun 2020 lalu, jumlahnya meningkat. Idul Adha tahun 2020 lalu hanya 86 hewan kurban yang disembelih di RPH,” kata Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Dewi Masitoh, Senin 19 Juli 2021.

Menurut Dewi, penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Blitar dilakukan tiga hari mulai Rabu 21 Juli 2021 hingga Jum’at 23 Juli 2021.

Sedang penutupan pendaftaran penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Blitar ditutup hari Selasa 20 Juli 2021. Dan khusus untuk hewan kurban Sapi, RPH membatasi kuota hanya 120 ekor saja.

“Mengingat kapasitas kami per hari hanya mampu menyembelih 40 ekor Sapi. Kalau penyembelihan hewan kurban selama tiga hari, maka kuotanya hanya 120 ekor Sapi saja,” jlentrehnya.

Masih menurut Dewi, RPH Kota Blitar untuk hal ini membebaskan biaya retribusi penyembelihan hewan kurban dari warga masyarakat.

Hanya saja, warga masyarakat diminta agar membawa tenaga pemotong atau pemboleng sendiri.

“Jadi yang gratis hanya retribusi penyembelihannya saja. Untuk tenaga pemboleng, warga masyarakat bisa bawa sendiri atau pakai pemboleng di RPH. Nanti untuk biaya jasanya bisa komunikasi langsung ke pembolengnya,” terangnya.

Lebih dalam Dewi menuturkan, jika jumlah warga masyarakat yang menyembelih hewan kurban meningkat dampak dari pelaksanaan PPKM Darurat.

Karena Pemkot Blitar telah menganjurkan agar warga masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di RPH semasa masih dalam PPKM Darurat.

“Sebab penyembelihan hewan kurban di RPH lebih praktis dan efisien,” pungkasnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *