Categories: HULU SUNGAI UTARA

Calon Paskibraka HSU Ikuti Tes Pembinaan Ideologi Pancasila

Amuntai, infobanua.co.id – Terlihat berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam pelaksanaan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tahun ini peserta diwajibkan mengikuti tes Pancasila secara online yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di Gor Raga Buana, Kamis (22/7/2021).

 

Kepala Bidang (kabid) Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Nazaruddin mengatakan tes ini diselenggarakan langsung oleh BPIP Republik Indonesia yang ditujukan bagi calon Paskibraka di seluruh Indonesia.

 

Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2021 tentang pembinaan ideologi pancasila terhadap generasi muda melalui program Paskibraka.

 

“Tes ini dilakukan melalui aplikasi (halaman website) perisai.bpip.go.id.” ucap Nazaruddin.

 

Berdasarkan informasi petunjuk dari Provinsi Kalimantan Selatan hasil tes Pembinaan Idelogi Pancasila tersebut akan diumumkan ke nomor Whatsupp masing-masing peserta.

 

Dalam hal ini para peserta yang telah mengikuti tes Pancasila, hasil dari penilaian langsung di cetak setiap peserta tes untuk disampaikan ke pihak Disporapar sebagai kelengkapan administrasi.

 

Nazaruddin berharap, dengan adanya tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini bisa menjadi salah satu alat ukur kelulusan seleksi  dalam pengetahuan wawasan calon Paskibraka tentang Pancasila.

 

Senada dengan itu Pembina Paskibraka HSU Noor Fadilah juga berharap dengan adanya tes ini kedepannya para calon Paskibraka yang nanti dikukuhkan menjadi Paskibraka menjadi orang yang berkarakteristik jiwa Pancasila.

 

Disampaikan Fadilah, para pelajar yang mengikuti seleksi Paskibraka tahun ini sebanyak 250 pendaftar dari seluruh perwakilan SLTA di Hulu Sungai Utara dan  lolos terpilih hanya 40 orang dan dipilih lagi 6 orang untuk mewakili di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

 

“Alhamdulliah dari 6 orang yang dipilih, ada 4 orang yang lolos terpilih untuk mewakili di tingkat Provinsi (Kalsel)yaitu sekolah dari SMAN 1, MAN 1, MAN 2 dan terakhir dari SMK 1.” katanya.

 

Adapun Muhammad Adli Rafi dari MAN 2 HSU mengungkapkan sangat antusias mengikuti tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini karena dengan mengikuti tes ini bisa mendapatkan sertifikat dari BPIP.

 

Dirinya juga mengatakan, walaupun saat pengerjaan tes sempat terkendala dikarenakan adanya gangguan teknis seperti jaringan bermasalah dan website sulit di akses. Ia berharap Kedepannya bisa lebih baik lagi.

 

Hal serupa juga dikatakan calon Paskibraka HSU Devi Tri Larasati dari SMAN 1, ia berharap kegiatan tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Fai/IB

admin

Recent Posts

Siap Berlaga di Kabupaten Tapin, Khafilah Kontingen Kabupaten Kotabaru di Lepas

KOTABARU, infobanua.co.id - Dalam mewakili Bupati Kotabaru Staf Ahli Bidang Pemerintahan H. Zainal Arifin,S.STP,M.Si melepas…

8 jam ago

DKUMPP Banjar Gelar Kajian Awal RPIK 2025-2045

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro,Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menggelar…

10 jam ago

Pemkab Banjar Bentuk Tim Pelaksana Pemberangkatan dan Pemulangan CJH

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Kesra menggelar Rapat Pemantapan…

10 jam ago

PPPK Formasi 2023 Sudah Terima SK Bupati Tanbu

BATULICIN, infobanua.co.id - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr. HM Zairullah Azhar, resmi melantik dan menyerahkan…

12 jam ago

Belasan Kecamatan Ramaikan Lomba Masak Panginan Sukup Simpan

Sampit, infobanua.co.id - Belasan peserta yang berasal dari PKK Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur meramaikan…

13 jam ago

Penanganan Narkoba Jadi Masalah Serius Pemkab Kotim

Kotawaringin, infobanua.co.id - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan jika masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap…

14 jam ago