Categories: Jawa Barat

Pihak Swasta Yang Sedang Kembangkan Wisata Alam Di Karsel Lakukan Penghijauan Patut Diacungi Jempol

Karawang, Infobanua.co.id – Kabupaten Karawang merupakan salah satu wilayah yang berada di pesisir utara Jawa Barat (Jabar) adalah Kabupaten yang memiliki semua potensi alam. Seperti halnya pegunungan, hutan, dan laut. Berbeda dengan Kabupaten dan Kota lainnya, tidak selengkap seperti Karawang, dan untuk akses dari ibu Kota Negara, yaitu Jakarta sangat dekat.

Kelengkapan potensi alam yang dimiliki seharusnya ditunjang dengan infrastruktur wisata yang memadai. Termasuk jalan sebagai penunjang akses transportasi menuju lokasi tempat wisata. Daerah Selatan Karawang yang ditopang oleh kekayaan alam jarang sekali dimiliki daerah lainnya di Jawa Barat. Suasana asri dan sejuk bisa menjadi destinasi wisata alami yang dimiliki oleh Kota Lumbung Padi.

Ketua Organisasi Kemasyarakatan Laskar Merah Putih (Ormas LMP) Markas Cabang Karawang, H. Awandi Siroj Suwandi meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang supaya fokus melakukan penataan serta pengembangan potensi wisata alam di Karawang Selatan.

Diungkapkannya, “Selama ini Pemkab Karawang belum benar – benar serius mengelola potensi wisata alam yang ada di Karawang Selatan. Padahal jika dikembangkan secara serius, selain dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), adanya pemanfaatan alam untuk wisata dapat melindungi dari penambangan dan perusakan alam lainnya,”

“Kalau memang Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Karawang tidak memadai, kenapa tidak menggaet pihak swasta saja untuk melakukan pengembangan potensi wisata di Karawang Selatan? Kan nantinya bisa bagi hasil dengan cara dikerja samakan dengan pihak swasta. Apa lagi kalau pihak swastanya memiliki lahan atau tanah sendiri, tinggal dikenakan retribusi,” Katanya, Jum’at (30/7/2021).

Lebih lanjut, aktivis senior Karawang yang memiliki sapaan akrab abah ini menjelaskan, “Di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru dekat objek wisata Puncak Sempur, saya sudah melihat ada pihak swasta yang sedang mulai melakukan penataan untuk pengembangan wisata alam,”

“Bukan hanya itu, setelah saya berdiskusi dengan pekerjanya. Ternyata pihak swasta bukan hanya melakukan penataan, tetapi juga melakukan penanaman pohon dengan jumlah yang tidak sedikit. Tak tanggung – tanggung, yang sudah ditanah sudah ada sebanyak 30 batang pohon cemara, pohon pinus sebanyak 50 batang, glodogan sebanyak 20 batang, akar kuning sebanyak 300 batang, dan aracis pintoy sebanyak 200 batang. Bahkan rencanya akan ada yang ditanam lagi, yaitu sebanyak 10.250 batang pohon,” Terangnya.

“Tentunya hal itu sangat lah positif dan berdampak baik terhadap lingkungan. Selain untuk penghijauan dan menahan tanah supaya tidak terjadinya longsor. Banyak pohon yang ditanam juga berfungsi sebagai resapan air. Sehingga ketika musim kemarau datang, masyarakat dilingkungan setempat tidak lagi mengalami kekeringan. Kan tidak lucu didaerah pegunungan serta hutan, tetapi warganya mengalami kekeringan,” Ujar Abah Wandi.

“Saya harap Pemkab Karawang dan masyarakat lingkungan setempat agar dapat mendukung langkah pihak swasta yang sedang melakukan pengembangan wisata alam di Karawang Selatan, karena banyak nilai positifnya. Bukan hanya Pemerintah saja yang kebagian PAD, melainkan ekonomi masyarakat lingkungan pun bisa berkembang. Sebab secara otomatis perekonomian akan berputar kalau wisatanya berkembang. Contoh seperti bisa ikut berjualan dan memberikan jasa lainnya terhadap wisatawan,” Pungkasnya

 

 

Iswanto.

infobanua

Recent Posts

Banjarbaru Raih Gelar “Juara” Kampung KB dari BKKBN Jadi Kado Harjad ke-25

Banjarbaru, infobanua.co.id – Menuju pertambahan usia Kota Banjarbaru pada 20 April mendatang, sebuah kado indah…

16 menit ago

Rayakan Hari Jadi ke 1 Galuh Autosport Borneo Gelar Khitan Gratis dan Donasi Pembangunan Mesjid

BANJARBARU – Menyambut setahun berdirinya klub penggemar olahraga motor Galuh Autosport Borneo ke 1, digelar…

6 jam ago

Lomba Memancing Bagian dari Rangkaian Perayaan Hari Jadi Kapuas

KUALA KAPUAS-Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke 73…

6 jam ago

Pragmatisme dalam Politik

oleh: Pribakti B *) Pragmatisme pada dasarnya berlawanan dengan konsep idealisme. Kalau idealisme dilandasi oleh…

6 jam ago

Halal Bihalal Pemkab Batola, Pj Bupati: Saatnya Saling Memaafkan dan Melayani Masyarakat Lebih Baik

Marabahan, infobanua.co.id — Usai libur dan cuti Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten…

8 jam ago

Trafik Internet Naik 12.87 Persen, Telkomsel Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Trafik akses internet Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H (RAFI 2024) meningkat 12.87…

23 jam ago