infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Pj Ketua PKK Kunjungi Daerah Paling Ujung Kotabaru

Pj Ketua PKK Kunjungi Daerah Paling Ujung Kotabaru

Kotabaru, infobanua.co.id – Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel melanjutkan kunjungan dalam menyukseskan Program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

Kali ini TP PKK Provinsi  Kalsel yang dipimpin Pj Ketua PKK, Safriati Safrizal ZA mengunjungi Desa Batuah Kecamatan Pamukaan Barat Kabupaten Kotabaru, pada Selasa (10/8/2021).

Dalam kunjungannya di daerah paling ujung di Kotabaru perbatasan Kalsel Kaltim,  Safriati menyoroti permasalahan stunting dan pernikahan usia dini.

Dikatakan Safriati, permasalahan stunting dan pernikahan di usia dini yang terjadi di Desa Batuah dan desa lainnya di Kec Pamukaan Baru ini, harus menjadi perhatian bersama.

“Permasalahan ini harus menjadi perhatian kita bersama, kita libatkan para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan stakeholder lainnya,” ujarnya.

Safriati mengatakan, pentingnya pembinaan, edukasi, dan sosialisasi kepada masyarakat, agar dapat mengatasai permasalahan stunting dan mencegah pernikahan dini semaksimal mungkin.

“Saya berharap, pembinaan, edukasi, dan sosialisasi terus dilakukan,” harapnya.

Dalam kunjungannya ini pula, Safriati menyerahkan berbagai bantuan berupa bahan makanan  bergizi, paket sembako, dan tas sekolah.

Sembari memberikan bantuan, Safriati memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat, agar pentingnya makan bergizi,  pendidikan bagi anak, dan  dampak  pernikahan usia dini,  terutama  dari segi kesehatan.

“Semoga anak ibu sehat, jadi anak yang berguna dan jadi kebanggaan orang tua,” doanya tulus.

Sementara Camat Pamukaan Barat, Gusti A Wakhid dalam laporannya menyampaikan, permasalah stunting dan pernikahan anak usia dini menjadi permasalahan utama di daerahnya.

“Sebagai daerah perlintasan antar provinsi, Kaltim, Kalsel, kami membuat kebijakan agar para tamu yang datang atau melintas, harus membawa 10 biji telur. Kemudian akan kami bagikan kepada masyarakat sebagai upaya mengatasi stunting,” ujarnya.

Ketua PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari Pj Ketua PKK Provinsi Kalsel.

“Kami sangat senang atas kedatangan Pj Ketua PKK beserta rombongan, sehingga bisa melihat langsung kondisi masyarakat yang berada di ujung Kalsel,” sebutnya.

Desa Batuah yang dikunjungi TP PKK Prov Kalsel berada Kecamatan Pamukaan Barat, kecamatan paling ujung di Kotabaru yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kaltim.

Dalam kesempatan ini pula, Safriati mengunjungi Pos pemeriksaan PPKM yang berada di perbatasan wilayah provinsi.

“Kita lihat di sini, pemeriksaan bagi mereka yang masuk wilayah Kalsel adalah sesuatu yang harus dilakukan, terlebih Kotabaru sudah termasuk PPKM Level IV, dan ini akan saya laporkan juga ke Pj Gubernur,” pungkas Safriati. (*)

Bagikan:

Iklan