Categories: BANJAR

Seluruh Pejabat Pemkab Banjar Miliki Tanda Tangan Elektronik

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar akan menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam memudahkan surat-menyurat kedinasan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith , mengungkapkan hal itu, saat memimpin pembahasan rancangan Surat Keputusan Bupati tentang penerapan TTE.

Pertemuannya berlansung di Aula Kantor Diskominfostandi Kabupaten Banjar di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (25/8/2021).

Tanda Tangan Elektronik atau E-Sign terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya.

Setiap sistem elektronik instansi yang membutuhkan persetujuan atau tanda tangan elektronik dari pejabat yang terkait akan mengirimkan dokumen elektronik kepada sistem Tanda Tangan Elektronik.

Sistem Tanda Tangan Elektronik kemudian akan mengirimkan notifikasi ke perangkat yang digunakan oleh pejabat yang bersangkutan. Dan, pejabat tersebut dapat menandatangani secara elektronik dokumen yang telah diterima.

Sama dengan tanda tangan manual, tanda tangan elektronik bersifat unik, yakni akan berbeda dengan tanda tangan orang lain.

“Setiap orang yang membuat Tanda Tangan Elektronik harus melalui verifikasi oleh Badan Sertifikasi Elektronik atau BSrE,” ungkap lelaki yang akrab disapa Basith.

Tanda Tangan Elektronik berfungsi sebagai alat untuk memverifikasi dan autentifikasi atas identitas penandatangganan sekaligus untuk menjamin keutuhan dan keautentikan dokumen.

Tanda tangan elektronik mempresentasikan identitas penandatanganan yang diverifikasi berdasarkan data pembuatan Tanda Tangan Elektronik. Rel/BP

 

 

admin

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

7 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

7 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago