infobanua.co.id
Beranda Blitar Dinkop Sebut Ratusan Koperasi di Kabupaten Blitar Tinggal Papan Nama Saja

Dinkop Sebut Ratusan Koperasi di Kabupaten Blitar Tinggal Papan Nama Saja

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, menyatakan ada sebanyak 469 Koperasi di Kabupaten Blitar yang tidak aktif, hanya tinggal papan nama saja, karena sudah tidak lagi melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti, mengatakan, dari 1.008 Koperasi di Kabupaten Blitar, 469 diantaranya atau hampir 50 porsen sudah tidak aktif atau hanya tinggal papan nama saja.

“Ada sebanyak 469 Koperasi dinyatakan sudah tidak aktif lagi, karena sudah tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan atau RAT selama dua tahun,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti, Sabtu, 04-09-2021.

Menurut Khusna, banyak faktor yang membuat Koperasi di Kabupaten Blitar tidak aktif, mulai dari penurunan jumlah usaha, rendahnya daya beli masyarakat, management Koperasi hingga Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.

“Kondisi Koperasi saat ini semakin terpuruk karena pandemi covid-19. Sehingga banyak Koperasi yang tidak dapat bangkit dalam kondisi seperti sekarang,” jlentrehnya.

Lebih dalam Khusna menuturkan, secara teknis Koperasi yang sudah tidak aktif akan diusulkan untuk dibubarkan, karena pembubaran menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

“Secara teknis Koperasi yang sudah tidak aktif akan diusulkan untuk dibubarkan, karena pembubaran menjadi kewenangan dari Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (Eko.B) 

Bagikan:

Iklan