infobanua.co.id
Beranda KALTARA Sd 04 Sebatik Barat Jadi Sekolah Favorit Atas Dukungan Dewan Guru Dan Komite Sekolah.

Sd 04 Sebatik Barat Jadi Sekolah Favorit Atas Dukungan Dewan Guru Dan Komite Sekolah.

Kaltara, infobanua.co.id – “Nurminari S.Pd.SD kepala Sekolah SD.04 Sebatik barat bahwa membangun sumber daya manusia sangat penting namun harus sejalan dengan membangun sarana prasarana sekolah”.
Ahamdulillah berkat kerjasama dengan dewan guru tokoh masyarakat serta Ketua Komite kita bisa memajukan sekolah ini, mereka ikut mendukung dan saya yang mengajukan untuk membuat proposal meminta ke dinas pendidikan kabupaten Nunukan juga Pemerintah Pusat akhirnya sekolah ini bisa Bagus agar para siswa lebih bersemangat lagi untuk datang ke sekolah.
Nurminari S.P.d SD menjelaskan bahwa seluruh sekolah SD sekecamatan Sebatik Barat paling banyak Siswanya dan masyarakat di sekelilingnya inilah yang membuat saya bersama guru komite sekolah berusaha semampu mungkin Bagaimana caranya agar sekolah ini bisa maju seperti sekolah lain yang ada dikota nunukan, Secara pelan pelan kita benahi .
Cerita Nurminari bahwa Awalnya saat saya di Pindahkan dan dipercaya sebagai kepala Sekolah disini SD.04 Sebatik Barat saya lihat sekolah kurang perhatian kurang terawat terkadang binatang masuk seperti sapi dan kambing kadang berak dihalaman sekolah, sehingga saya kumpulkan semua tenaga pendidik saya undang semua komite sekolah rapat mencari solusi kata sepakat Pembenahan sekolah SD.04 mengajukan proposal lewat Dapodik tapi itu kewenang yang di atas.
Disekolah ini saya menjadi kepala sekolah sudah kurang lebih 5 tahunan awal saya masuk ke sekolah ini saya sedih melihat kondisi sekolah tapi secara bertahap dan pelan-pelan kita benahi menggunakan yang dulu namanya dana BOS dimampaatkan kita renovasi dan kita rehab tapi hanya Rehab kecil karena dananya juga sangat kecil dan tidak bisa untuk di Rehab yang besar.
Adapun beberapa prestasi yang diraih oleh SD 04 ini adalah peraih juara Olimpiade IPA & Matematika Alhamdulillah untuk olahraga juga kita sudah sampai ke tingkat nasional sudah ada beberapa kali mewakili nunukan dan Provinsi Kalimantan Utara semenjak saya dipercaya sebagai kepala Sekolah.
Kita juga di sini berbagi tugas ada yang menjadi pembina Pramuka ada yang jadi seni tari Cuma sekarang sudah tidak aktif karena Dampak dri Corona Virus Disease (Covid) tapi masih ada ada dan untuk olahraga juga kita ada khususkan untuk atlet karena anak-anak itu hobinya berbeda-beda jadi kita tunjang.
lanjud Nurminari bahwa SD.04 Sebatik Barat Bisa menjadi Contah kepada Sekolah Dasar Sekabupaten Nunukan karena satu satunya Sekolah yang Menerapkan setiap hari Jumat melakukan Zikir bersama itu Rutin dilakukan 2x dalam satu bulan dan khususnya yang beragama Kristen kita serahkan kepada guru agama kristen.
Untuk Jumlah Total Guru yang ada di Sekolah Dasar Negeri.04 Sebatik Barat jumlah Gurunya 18 orang dan yang 12 orang itu merupakan pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sisanya itu adalah Honor untuk tenaga perpustakaan ada2 orang untuk tenaga cleaning service 1 semuanya 23 Orang.
Diakui Nurminari bahw Tenaga Pendidik Semua berlatar belakang Sarjana Pendidikan Strata I, kecuali tenaga dan penjaga perpustakaan itu sarjana tapi bukan sarjana pendidikan.
Kalau untuk tatap muka sendiri kita belum melakukannya tetapi kadang ada orang tua murid yang kurang mengerti mereka datang ke sekolah nanti kita adakan pembelajaran beberapa orang kadang memang orang tua ada yang sibuk jadi kita yang mengajarkan kan beliau datang ke sekolah membawa anaknya karena guru-guru kita juga hadir tiap hari ke sekolah.
Ada jadwal untuk datang ke sekolah misalnya untuk kelas yang ini atau kelas yang lain tapi kalau saya sebagai kepala sekolah hadir terus ke sekolah kecuali pas ada kegiatan ataupun kurang sehat ada tugas dari dinas pendidikan.
Kita baru memohon untuk melakukan Pembelajaran Tatao Muka (PTM) minta di dinas pendidikan agar dilakukan pembelajaran tatap muka, tapi karena Gedung dan Ruang Kelas Belajar (RKB) baru selesai dikerjakan, seandainya ada kerusakan atau apa ditanggung sendiri.
jadi saya berusaha konsultasi dengan dinas Pendidikan bahwa gedung Sekolah yang baru saja selesai dikerjakan dan belum serah terimah oleh pihak kontraktor pelaksana pembangunan sekolah.
Pada Intinya kami tunggu sampai selesai serah terimah begitu juga Mobilernya belum disediakan jadi nantinya msih mengunakan meja & bangku yang lama sudah Usang.
lanjud Nurminari bahwa kita belum melakukan pembelajaran Tatap Muka kita masih mengunakan Pembelajaran secara Daring dan Luring kalau sekolahnya sudah Serah terimah insyak Allah kami akan lakukan pembelajaran Tatap Muka seperti sekolah lain yang ada dipylau sebatik kabupaten Nunukan provinsi Kalimantan Utara ujar Nurminari.
Kalau ada orang Tua Siswa & Murid ada yang kurang jelas bisa datang ke sekolah, jujur saja SD.04 Sebatik Barat masih memberlakukan belajar secara daring dan Luring.
lanjud kepala sekolah bahwa kalau ada siswa pengen belajar di sekolah misalnya seperti kelas 1 kita Panggil dua atau tiga orang untuk belajar di sekolah, nanti diajari anak itu kalau sudah mengerti diganti lagi siswanya.
Sekolah SD.04 sebatik barat satu-satunya sekolah penggerak yang ada di Sebatik barat, jadi kita sendiri yang membuat kurikulum membuat ATP jadi sementara ini yang masih kita proses.
Sejak adanya aturan tersebut kita tidak pernah menjalankan tatap muka kecuali waktu siswa kelas 6 melaksanakan ujian, jadi kita melakukan tatap muka itu hanya shif – shi kalau ada lagi aturan kita ikuti lagi, ujar Nurminari.SP.d.SD (Yusuf)

Bagikan:

Iklan