infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Ini Isi Ceramah Kakanwil Kemenag Kalsel yang Bikin Siswa MAN Banjarmasin Beruarai Air Mata

Ini Isi Ceramah Kakanwil Kemenag Kalsel yang Bikin Siswa MAN Banjarmasin Beruarai Air Mata

Banjarmasin – Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi anak-anak yang masih dalam dunia pendidikan, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik.
Merespon keinginan orang tua, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan DR H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd memberikan siraman rohani – usai salat subuh kepada siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kota Banjarmasin.
Kegiatan yang dikemas secara daring diikuti sebanyak 690 siswa MAN I,II dan III Kota Banjarmasin termasuk orang tua ini berjalan lancar. Bahkan kajian subuh dengan tema Birrul Walidain (Berbakti Kepada Kedua Orang Tua) ini mampu membikin siswa-siswi MAN yang mengikuti ceramah menangis, karena mendengar kandungan isi ceramah.
Kakanwil mengatakan, kegiatan kajian subuh  Birrul Walidain merupakan ceramah perdananya dihadapan siswa MAN yang akan diberikan selama 12 kali pertemuan. Isi ceramah dengan materi petingnya berbakti kepada orang tua dan dampaknya jika durhaka, yang disampaikan Kakanwil dengan begitu baik dan menyentuh membuat banyak siswa MAN yang menangis.
Dalam Islam, kata Thamrin, berbuat baik kepada orang tua dikenal dengan istilah birrul walidain adalah wajib. Birrul walidain adalah ihsan atau berbuat baik dan bakti kepada orang tua dengan memenuhi hak-hak kedua orang tua serta menaati perintah keduanya selama tidak melanggar syariat.

“Berbakti kepada orang tua merupakan akhlak yang harus diutamakan bagi setiap manusia. Karena ridho orang tua sangatlah penting untuk keberhasilan anaknya. Dalam ajaran agama Islam, setiap anak diwajibkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua. Artinya tidak menyakiti hati orang tua dan senantiasa mematuhi perintahnya,” katanya.
Perilaku berbakti kepada orang tua sering juga disebut dengan perilaku birrul walidaini. Di mana perilaku berbakti kepada orang tua atau perilaku Birrul Walidain tergolong dalam salah satu perilaku terpuji atau tergolong dalam salah satu akhlakul karimah atau akhlakul Mahmudah.
Hukum birrul walidain adalah wajib. Bahwa peran orang tua sangat penting dalam kesuksesan karier seorang siswa.
ang

Bagikan:

Iklan