Categories: HULU SUNGAI UTARA

Bupati HSU Resmikan Masjid Ramah Anak di Masjid Agung At- Taqwa

Amuntai, infobanua.co.id – Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), H. Abdul Wahid HK meresmikan Masjid Ramah Anak (MRA) di Masjid Agung At-Taqwa dalam rangka mewujudkan kabupaten layak anak pada kluster  IV tentang “Pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya” yang salah satu indikatornya adalah Mesjid Ramah Anak yang turut dihadiri oleh SKPD terkait di lingkungan HSU. Kamis (16/9/2021)

 

Dalam sambutannya Bupati HSU, H. Abdul Wahid HK menyampaikan, peresmian mesjid ramah anak adalah komitmen pemerintah daerah untuk mempertahankan kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak sekaligus dalam rangka mewujudkan kabupaten layak anak pada klaster IV yang salah satu indikatornya adalah mesjid ramah anak.

 

“Saya berharap dengan diresmikan mesjid Agung At-Taqwa sebagai mesjid ramah anak dapat mendorong percepatan terwujudnya kabupaten HSU sebagai kabupaten layak anak yang lebih tinggi lagi, karena saat ini kabupaten HSU telah berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak dengan kategori Madya yang mana salah satu indikatornya yaitu pembangunan dan pengembangan ruang bermain ramah anak (RBRA) yang terstandarisasi dan tersertifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,” ucap Wahid.

 

Ia juga menambahkan pembangunan lingkungan yang ramah dan aman bagi anak-anak sangat penting agar anak-anak terus mengunjungi mesjid.

 

“Disamping fungsi masjid sebagai tempat beribadah dan  menuntut ilmu, sebagai tempat pembinaan jamaah, sebagai pusat dakwah dan kebudayaan islam, pola pembinaan masjid juga harus profesional dengan proses administrasi yang rapi dan transparan sehingga masyarakat dan anak-anak berpartisipasi lebih aktif didalamnya, serta masjid ramah anak disamping sebagai ruang publik untuk beribadah juga dikembangkan menjadi tempat anak-anak berkumpul melakukan kegiatan positif, inovatif, kreatif dan rekreatif yang aman dan nhaman dengan dukungan orangtua beserta lingkungannya,” ungkapnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU, Hj. Gusti Iskandariah, mengatakan mesjid ramah anak memiliki peran sangat penting dalam menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dalam berpatisipasi mewujudkan lingkungan yang ramah anak.

 

“Mesjid ramah anak At-Taqwa ini sudah dilengkapi dengan  berbagai peralatan ibadah untuk laki-laki dan perempuan, sudut baca, tempat buku, sarana prasarana air bersih untuk wudhu dan cuci tangan anak, sarana bermain anak, taman pendidikan Al-Quran,” ucapnya.

 

Selanjutnya ia berharap diresmikan mesjid ramah anak At-Taqwa ini semakin banyak Alternatif anak untuk bermain ditempat yang terlindungi.

 

Dalam rangkaian peresmian masjid ramah anak At-Taqwa juga dilakukan pengukuhan pengurus mesjid ramah anak serta pelantikan pengurus baru forum anak daerah Kabupaten HSU periode 2021-2023.

Fai/IB

admin

Recent Posts

Bank Kalsel Serahkan 3 Printer Qris ke Samsat Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id - Bank Kalsel menyerahkan 3 unit printer Qris pencetakan pembayaran pajak kepada UPPD…

5 jam ago

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Masjid Muhammadiyah Sungai Mia Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kepedulian Bank Kalsel dalam membantu berbagai kegiatan sosial di Banua, baik itu…

6 jam ago

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

6 jam ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

7 jam ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

7 jam ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

7 jam ago