Categories: HULU SUNGAI UTARA

Bupati HSU Terima Penghargaan Jasadarma Pustaloka Dari Perpusnas RI

Amuntai, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid Hk terima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka kategori Pejabat Publik dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI atas Dedikasi dan sumbangsih terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

 

Pengahargaan tersebut disampaikan melalui kegiatan Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2021 yang di selenggarakan di Kantor Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat melalui virtual, Selasa (14/09/2021).

 

Sebelumnya, Penghargaan ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi di sela-sela kunjunganya Bupati HSU ke Gedung Layanan Perpusnas kemaren, Kamis (9/9/2021). yang didamping oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah HSU Hj. Lailatannur Raudah.

 

Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) kepada pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi dan minat baca di daerahnya.

 

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhamaad Syarif Bando menyampaikan bahwa didalam UUD 1945 bahwa siapapun anak bangsa tugasnya ada empat, yaitu menghidupkan kecerdasan masyarakat, mensejahterakan masyarakat, memastikan NKRI tidak terganggu dan ikut dalam perdamaian dunia. Maka dari itu peran perpustakaan sangat penting, apalagi di era pandemi covid 19 ini.

 

Beberapa tahun ini peran pemerintah daerah Gubernur, Bupati dan Walikota sudah semakin berpihak dalam kebijakan pengembangan perpustakaan.

Perpustaakan Nasional juga mewajibkan dibidang perpustakan mengacu visi Presiden 2020-2024 yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama peningkatan literasi yang dirumuskan dalam tiga hal untuk kemajuan suatu negara yaitu visinya maju kedepan, strategi dan eksekusi.

“Tanpa visi, tanpa strategi dan eksekusi maka kita akan terus terbelakang”. Ucap Muhammad Syarif Bando Kepala Perpustakaan Nasional RI.

 

Saat ditemui crew Amuntai Tv, Bupati HSU H. Abdul Wahid mengungkapkan rasa syukur atas  keberhasilnya mendapatkan penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional RI, yaitu Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 Kategori Pejabat Publik.

 

Wahid juga menjelaskan bahwa dari 416 Kabupaten di Indonesia, hanya tiga bupati yang mendapatkan penghargaan tersebut, yaitu Bupati HSU, Bupati Magetan dan Bupati Lampung Barat.

“Penghargaan ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya selaku Bupati HSU dan juga bagi masyarakat HSU, apalagi penghargaan ini diberikan di tengah pandemi covid 19, yang menunjukkan bahwa meski di tengah pandemi covid 19, kita masih tetap mampu meningkatkan kinerja dan meraih prestasi dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan”. Tutur Wahid

 

Wahid juga mengucapan terima kasihnya kepada Perpusnas RI atas arahan,  bimbingan dan bantuannya yang diberikan selama ini, dan juga kepada kepada kepala Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah beserta seluruh jajaran dan juga stakeholder dan masyarakat HSU.

 

“saat ini Perpustakaan Kabupaten HSU sudah terakreditasi A, begitu juga perpustakaan SMK Shalatiyah Bitin terakreditasi A, perpustakaan HSU juga penyumbang terbesar Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kalimantan Selatan,” ucap Wahid.

Fai/IB

admin

Recent Posts

Trafik Internet Naik 12.87 Persen, Telkomsel Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Trafik akses internet Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H (RAFI 2024) meningkat 12.87…

13 jam ago

Diduga Pungli dan Diduga Pengangkatan Kepsek Belum Bersyarat

SAMARINDA, infobanua.co.id - Munculnya dugaan iuran SD Negeri 006 Harapan Baru Loa Janan Ilir Kota…

17 jam ago

Tausyiah Guru Udin Awali Rangkaian Perayaan Mappanreritasie

BATULICIN, infobanua.co.id – Tabligh akbar bersama KH Zhofaruddin atau Tuan Guru Udin Samarinda mengawali rangkaian Perayaan…

17 jam ago

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan Dari BKKBN

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan…

17 jam ago

Sambut HBP Ke-60, Rutan Dumai Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Pegawai dan Warga Binaan

Dumai, infobanua.co.id – Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rutan Kelas IIB Dumai, Kanwil Kemenkumham…

17 jam ago

Pemkab Kotim Buka Beasiswa Gerbang Mentaya

Sampit, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) membuka beasiswa gerbang mentaya untuk tahun…

17 jam ago