infobanua.co.id
Beranda Blitar Kasus Pasien Corona Kota Blitar Turun, Penhuni Isoter Tersisa 17 Orang Saja

Kasus Pasien Corona Kota Blitar Turun, Penhuni Isoter Tersisa 17 Orang Saja

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kesehatan Kota Blitar, menginformasikan, jika jumlah pasien Corona Virus Disease-2019 (covid-19) yang berada di Rumah Isolasi (Rumis) dan Tempat Isolasi Terpusat (Isoter) di Kota Blitar terus berkurang.

Ketua Tim Pengelola Rumah Karantina Percepatan Penanganan covid 19, Kota Blitar, dr Dharma Setiawan, mengatakan, saat ini masih ada empat orang pasien yang menghuni Rumah Isolasi dan 13 orang pasien menghuni Tempat Isolasi Terpusat.

“Jumlah pasien covid-19 di Rumis dan Isoter terus turun dan berkurang. Sekarang angka kasus covid-19 di Kota Blitar kecil dan sudah landai,” kata Ketua Tim Pengelola Rumah Karantina Percepatan Penanganan covid 19, Kota Blitar, dr Dharma Setiawan, Senin 04-10-2021.

Menurut Dharma, empat orang pasien yang menjalani isolasi di Rumah Isolasi akan berakhir pada Jum’at 09 Oktober 2021 mendatang.

Sesudah itu, Pemkot Blitar akan mengosongkan Rumah Isolasi di bekas Asrama Mahasiswa Poltekkes Malang di jalan Dr Soetomo, Kota Blitar, tersebut.

Sedangkan pasien baru covid-19 akan dirawat ke Tempat Isolasi Terpusat di Kampus PGSD Universitas Negeri Malang (UM), jalan Ir.Soekarno, Kota Blitar.

“Sejak Jum’at 01 Oktober 2021, pasien baru kami rawat di Isoter. Meski Rumis sudah kosong, jadi sifatnya tetap Rumah Isolasi. Kami tetap waspada bila terjadi lonjakan kasus lagi, kami sudah siap,” jlentrehnya.

Lebih dalam Dharma menuturkan, untuk tempat Isolasi Terpusat di Kampus PGSD UM saat ini masih dihuni 13 orang pasien.

Sedang kapasitas di Tempat Isolasi Terpusat Kampus PGSD UM tersedia 136 buah tempat tidur.

“Dari 136 buah tempat tidur di Isoter, saat ini yang digunakan hanya 13 buah tempat tidur saja,” ungkapnya.

Masih menurut Dharma, jadi muaranya adalah terjadi penurunan. Tapi isoter tetap berjalan mengakomodir bila ada pasien positif baru.

“Kami masih tetap menyediakan tempat untuk memfasilitasi pasien konfirmasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, perkembangan kasus covid-19 di Kota Blitar mulai terkendali.

Angka harian kasus baru konfirmasi positif covid-19 mulai turun drastis.

Saat ini rata-rata hanya ada satu dua kasus baru konfirmasi positif covid-19 dalam sepekan.

Saat ini, jumlah komulatif kasus positif covid-19 di Kota Blitar sebanyak 6.970 kasus.

Dari jumlahvtersebut, jumlah komulatif pasien sembuh sebanyak 6.699 orang dan jumlah komulatif pasien meninggal sebanyak 263 orang. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan