infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Gubernur Dorong Peningkatan Kompetensi Wartawan

Gubernur Dorong Peningkatan Kompetensi Wartawan

Banjarmasin, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menyambut baik penyelanggaran Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke XIII, di Banjarmasin, Jumat dan Sabtu  (15 -16/10).

UKW digelar  digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel.

Pemerintah Provinsi Kalsel ujarnya mendorong pengembangan kemampuan wartawan dengan cara apapun, termasuk melalui UKW seperti ini.

Pers ujar gubernur, merupakan sahabat pemerintah yang diharapkan memberikan solusi, menyampaikan aspirasi masyarakat, dan mendorong kesuksesan pembangunan di banua ini.

“Saya mengharapkan para wartawan terus belajar, berkarya, membangun jejaring atau kemitraan yang seluas-luasnya, sehingga profesi yang digeluti bisa bermanfaat bagi diri sendiri, banua dan bangsa ini,” tulis gubernur dalam pidato sambutan yang dibacakan Staf Ahli Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Faried Fakhmansyah.

Disebutkan, UKW sangat penting karena akan melahirkan wartawan yang kompeten dan professional. Terpenting dapat menambah pengetahuan para wartawan, mengukut kemampuan sebagai jurnalis serta dapat memahami profesi yang ditekuni.

Sertifikasi sudah menjadi keharusan bagi wartawan sebagaimana profesi lain,  seperti dokter, bidan, guru, ASN dan lainnya.

Di masa sekarang, masyarakat dengan cepat mengakses informasi melalui berbagai media, mulai media cetak, televise, elektronik, hingga online. “Oleh karena itu, kita sepatutnya mendorong UKW, terlebih sekarang semakin banyak media online, akan semakin banyak wartawan,” ujarnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK yang turut hadir dalam pembukaan acara.

Menurutnya, UKW juga sebagai sarana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kalangan wartawan.

“Wartawan adalah salah satu pilar penting yang menjadi penyokong kebijakan pembangunan banua,” katanya.

Ia melanjutkan, wartawan juga sebagai corong pembangunan serta kontrol sosial dalam masyarakat.

Peran media juga turut serta dan berkontribusi dalam memajukan bangsa.

Ia menyatakan, kiprahnya yang duduk di parlemen selama kurang lebih 7 tahun, komunikasi dengan wartawan terjalin sangat baik.

“Saya berharap kedepannya jalinan yang sudah terbina kepada wartawan-wartawan menjadikan suatu ujung tombak pembangunan yang bisa memberitakan informasi seimbang dan transparan. Para jurnalis adalah pilar terdepan dalam membangun,” ucapnya.

UKW Angkatan XIII  diikuti 36 wartawan dari berbagai media online, cetak dan elektronik yang ada di Kalsel.

Ketua PWI Kalsel M Zainal Helmie, mengatakan, uji kompetensi terbagi tiga kelas, yakni UKW Muda diikuti 6 orang, kemudian Madya dengan peserta 24 orang dan Utama ada 6 orang.

Menurut dia, tahun ini pihaknya hanya bisa menggelar satu kali UKM. Sebab, keterbatasan anggaran.

“Mudahan saja di 2022 mendatang, kita dapat melaksanakannya setidaknya tiga kali. Sehingga jumlah wartawan yang kompeten terealisasi, khususnya wartawan muda dan beberapa media yang belum terverifikasi,” ucap Helmi, usai acara pembukaan, Jumat (15/10).

Bagikan:

Iklan