infobanua.co.id
Beranda KALTARA Bupati Malinau Hadir Musrenbang Rencana Visi Misi Terwujud

Bupati Malinau Hadir Musrenbang Rencana Visi Misi Terwujud

Malinau, infobanua.co.id – Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Malinau Tahun 2023 Tema “ Pengembangan Sumber Daya Manusia, Tata Kelola Pemerintahan  dan Insfrasruktur Yang Mendukung Penguatan Ekonomi Menuju Kemandirian, Kedamaian,  Kesejahteraan” bertempat di Ruang Kerja Bupati Malinau Lantai II Kantor Bupati Malinau melalui Zoom Meeting, Kamis, (4/11/2021).

Pada Acara Musrenbang Kecamatan Dalam Rangka Menyususn RKPD Kabupaten Malinau Tahun 2023 dihadiri oleh Wakil Bupati Malinau, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Asisten, Staf Ahli Bupati Malinau, Inspektur, Kepala OPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau, Camat, Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ketua RT, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Wanita dan Kepemudaan dari tempat ruang kerja masing-masing melalui Zoom Meeting.

Dalam sambutannya Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E menyampaikan “untuk kurun selama 5 (Lima) Tahun kedepan, kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Malinau telah menetapkan Visi dan Misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah secara holistik dan terintegrasi “Terwujudnya Kabupaten Malinau Yang Mandiri, Damai Dan Sejahtera Di Dukung Pemerintahan Yang Profesional”

Dijabarkan dalam 4 (Empat) Misi yaitu : Satu Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul, Kedua Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Yang Berbasis Pada Potensi Daerah, Karateristik Dan Kearifan Lokal, Ketiga Mewujudkan Infrastruktur Yang Berkeadilan Dan Berkelanjutan, Keempat Mewujudkan Pemerintahan Yang Akuntabel Dan Transparan.

Untuk mewujudkan Visi Misi Kabupaten Malinau tersebut maka dijabarkan kedalam 8 (Delapan) tujuan dan 26 (Dua Puluh Enam) sasaran, yang dilenkapi dengan indikator tujuan dan sasaran. Hingga akhirnya akan di implementasikan melalui program dan kegiatan pembangunan dengan indikator kinirja yang terukur, sebagai upaya untuk mencapai tujuan dan sesaran pemerintah Daerah.

Fokuskan melalui pendekatan program inovasi, yaitu : Satu Program Desa Sarjana, Kedua Program Milenial Mandiri, Ketiga Program Rasda Plus Keempat Program Rt Bersih, Kelima Program Wajib Belajar Malinau Maju.

Melalui forum ini, kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi. Kemampuan Daerah untuk mmembiayai berbagai program pembangunan masih terbatas. Untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai kterbatasan tersebut, tidak semua program akan dapat diakomodir dan didanai, tetapi haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada. Selain itu, perlu juga dicarikan peluang pendanaan dari sumber lain, baik dari APBD Provinsi, APBN ataupun kerjasama swasta dalam rangka invstasi. Selain itu dengan adanya kerjasama dan sinergitas Daerah, Provinsi dan Pusat, maka berbagai isu dan permasalahan yang berkembang dapat segera direspon ke arah yang lebih baik”.

Keakuratan data sebagai basis perencanaan haruslah diperkuat, sehingga tidak terjadi salah perencanaan.

Saya berharap seluruh peserta Musrenbang mampu berkontribusi dalam memberikan masukan dan asaran guna menyepakati usulan kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan dan tetap menjaga protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Semoga kerjasama dan semangat kita akan terus terpelihara dan ditinkatkan di masa yang akan datang demi keberhasilan tugas-tugas kita bersama terutama dalam memberikan pelayanan terbaik masyarakat Malinau tercita.

Semoga melalui Musrenbang Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2023 yang diselenggarakan ini, dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan dan kesejateraan masyarakat Kabupaten Malinau,”.pungkasnya. (*)

Bagikan:

Iklan