infobanua.co.id
Beranda Blitar Dinkes Kota Blitar, Himbau Warganya Untuk Waspada Kasus BDB Dimusim Penghujan

Dinkes Kota Blitar, Himbau Warganya Untuk Waspada Kasus BDB Dimusim Penghujan

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kesehatan Kota Blitar, menyatakan jika dalam memasuki musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Blitar bertambah tiga orang, untuk itu pihaknya menhimbau kepada warga masyarakat untuk lebih waspada.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dissie Laksmonowati Arlini, mengatakan, di awal musim penghujan yang terjadi pada pekan lalu sudah ada tiga temuan kasus DBD.

“Sehingga jumlah temuan kasus DBD periode Januari hingga sekarang, sudah ada 17 kasus,” kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dissie Laksmonowati Arlini, Kamis 04-11-2021.

Menurut Dissie dari bulan Januari hingga bulan Juni 2021, ada sebanyak 14 kasus, bulan Juli sampai dengan bulan September 0 (nol) kasus dan bulan Oktober 2021 terdapat 03 kasus.

“Dari temuan kasus DBD, tidak ada pasien DBD yang meninggal,” jlentrehnya.

Lebih dalam Dissie menuturkan, temuan kasus tahun 2021 ini menurun bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Meski kesadaran warga masyarakat sudah meningkat untuk melakukan upaya pencegahan DBD, namun ketika masuk musim penghujan harus lebih waspada karena wabah DBD rentan terjadi akibat banyaknya genangan air.

Selanjutnya pihaknya minta kepada warga masyarakat, harus rajin menjaga kebersihan lingkungan.

“Kasus DBD didominasi anak-anak rentang usia 05 hingga 14 tahun, sedangkan usia dewasa tidak banyak, tapi juga tetap beresiko terkena DBD,” pungkasnya. (Eko.B)

Bagikan:

Iklan