infobanua.co.id
Beranda Blitar Stok Darah dan Plasma Konvalesen di UDD PMI Kota Blitar Aman

Stok Darah dan Plasma Konvalesen di UDD PMI Kota Blitar Aman

Blitar, Infobanua.co.id – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar, memastikan jika stok darah dan plasma konvalesen di Kota Blitar aman, disebabkan jumlah pendonor meningkat setiap harinya.

Sekretaris Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar, Eko Hariyanto, mengatakan, jumlah warga masyarakat yang melakukan donor darah dan plasma konvalesen di UDD PMI Kota Blitar terus mengalami peningkatan,” kata Sekretaris Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar, Eko Hariyanto, Sabtu 06-11-2021.

Menurut Eko, ada 30 hingga 50 orang pendonor yang datang setiap harinya.

Dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada awal penerapan PPKM Jawa-Bali, yang hanya sekitar 20 orang per-hari.

Banyaknya stok darah saat ini juga diimbangi dengan banyaknya stok persediaan plasma konvalesen.

Sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan permintaan Rumah Sakit di Blitar Raya.

“Kami berharap, antusias warga masyarakat untuk mendonorkan darah dan plasma konvalesen tidak menurun di waktu mendatang,” harapnya.

Lebih dalam Eko menuturkan, sesuai update jumlah stok darah di UDD PMI Kota Blitar per 05 November 2021, sebanyak 333 kantong.

Sedang stok darah paling banyak adalah darah golongan O ada 200 kantong, golongan darah B ada 80 kantong, golongan darah A ada 40 kantong, dan golongan darah AB ada 13 kantong.

“Sedangkan stok plasma konvalesen terdapat 27 kantong dengan rincian golongan darah A sebanyak 09 kantong, golongan darah B ada 02 kantong, golongan darah O terdapat 15 kantong dan golongan darah AB ada 01 kantong,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan