infobanua.co.id
Beranda KALTARA Dinas Pendidikan Nunukan Gelar Program Kejar Mutu

Dinas Pendidikan Nunukan Gelar Program Kejar Mutu

Nunukan, infobanua.co.id –  “Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka du sekolah Sekabupaten Nunukan Kalimantan Utara berlangsung di Lantai II SMP Negeri.02 Nunukan pada jumat 12/11/2021.

Menurut Widodo,Jabatan kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten nunukan kalimantan utara Membuka Pelaksanaan kegiatan dan Rangkaian dari “program kejar mutu”Mewakili kepala dinas Pendidikan bertugas di luar Daerah.

Menurut Widodo Bahwa selama ini kabarnya kejadian atau ada potensi loss learning berkurangnya pengetahuan keterampilan anak-anak kita karena pembelajaran tidak bisa berlangsung dengan seperti biasanya, nah untuk mengejar ketertinggalan itu terkait dengan mutu dilaksanakan “Pogram Kejar Mutu” yang dimediasi oleh kementerian Pendidikan yang bekerjasama dengan universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan pada hari ini adalah pendampingan atau pembinaan kepada orang tua dan anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas rendah dan kelas tinggi.

Dan ada beberapa materi yang disampaikan pada hari ini yang pertama adalah terkait dengan loss learning, bagaimana mengatasinya, apa itu loss learning, kalau tidak diatasi apa dampaknya, itu semua akan disampaikan dalam materi.

Kemudian pendampingan juga terkait dengan psychosocial pendampingan terhadap dampak psikologis yang dialami anak-anak selama pandem Covid-19 ini.

Selain itu juga ada pembekalan terkait dengan tindak kekerasan terhadap anak-anak di sekolah bagaimana cara mengatasinya dan seterusnya disampaikan pada hari ini.

jadi untuk tahap pertama ini memang yang menjadi sasaran program ini kita adalah 10 sekolah, dan dari 10 Sekolah ini nanti akan mengibaskan lagi ke sekolah lain nanti di dibimbing didampingi setelah selesai pendampingan mereka punya kewajiban memberikan pengimbasan atau memberikan pelajaran itu mengajar di sekolah yang lain,
dari 10 sekolah adalah Pilihan juga jadi nantinya dari 10 Sekolah menjadi 20 akhirnya.ujar Widodo.

saat ditanya apakah ada hubungannya pandami Covid-19 ?.

Menurut Widodo kegiatan ini dengan penyiapan meskipun itu sudah berlangsung pembelajaran Tatap Muka akan tetapi pembelajaran tatap muka ini masih banyak terbatas.

Jadi kita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menghaharpkan pada Januari 2022 itu serentak secara nasional sudah membuka PTM, sehingga kita sangat berharap kepada orang tua dalam hal ini selalu yang mengingatkan anak atau putra-putrinya.

Lanjud Widodo bahwa terkait dengan penerapan protokol kesehatan, kemudian menyiapkan putra-putrinya makanannya sarapannya sebelum berangkat sekolah, karena apa itu akan mengancam kita manakala tubuh dalam kondisi lagi kurang fit kesehatan tubuh manusia ditentukan sama asupan gizi selain olahraga asupan gizi sehingga perlu membudayakan sarapan pagi penerapan proses seperti itu.

Dan diupayakan antar jemput anak, orang tuanya sendiri sehingga tidak ada potensi anak-anak setelah pada saat berangkat atau pada saat pulang itu tidak jalan kemana mana dia langsung ke sekolah atau dia langsung ke sekolah pulang ya langsung pulang ke rumah ujar Widodo Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten nunukan, (Yuspal)

Bagikan:

Iklan