Humas KIP Kampus UI dan PWI Kota Depok Gelar Diskusi FGD

Depok, infobanua.co.id – Untuk menjalin hubungan dan silaturahmi dengan Wartawan yang tergabung dalam Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Biro Hubungan Masayrakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia (UI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama 20 wartawan PWI Kota Depok yang berlangsung di Gedung PAUI, Kampus UI Depok, Jumat (12/11/2021). Dalam kegiatan tersebut, Biro Humas dan KIP UI mengharapkan dapat masukan mengenai kinerja kehumasan untuk kepetingan wartawan serta dapat menjalin hubungan yang baik atau bersinergi dengan kalangan pers.

“Kami memiliki tugas dan tanggungjawab dalam hal peningkatan brand UI. Jadi, aktivitas kehumasan perlu ditingkatkan, antara lain melalui publikasi berita baik (good news) tentang civitas akademika dan UI sebagai institusi. Hal ini akan berdampak pada berita positif UI yang sedang bertransformasi menuju Entrepreneurial University,” ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia.

Menurut Amelita, untuk mendapat masukan tentang berita baik dari UI dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sesuai dengan kebutuhan media, maka Biro Humas da KIP UI perlu menggelar FGD dengan para jurnalis dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok.

“Dari input yang diperoleh melalui FGD ini, maka akan di desain pendekatan yang lebih baik mengenai dalam hal penulisan dan penyampaian pesan kepada rekan-rekan jurnalis. Kami juga berharap dapat memberikan masukan ke awak media dalam membuat program komunikasi untuk masyarakat dan ide segar mengenai konten-konten edukatif untuk masyarakat,” tuturnya.

Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah mengapresiasi gelaran FGD ini, selain dapat meningkatkan hubungan baik kemitraan, dapat mengetahui tugas dan peran Biro Humas dan KIP UI, juga dapat menyamakan persepsi untuk kebutuhan pemberitaan atau saling bersinergi.

“Tentu FGD ini sangat bermanfaat bagi kami para jurnalis sehingga kami tahu peran dan fungsi dari Biro Humas dan KIP UI dalam melayani kebutuhan pemberitaan para jurnalis. FGD ini juga menambah wawasan kami tentang aktivitas akademika UI,” terangnya.

Rusdy menambahkan, sebenarnya aktivitas kehumasan UI selama ini sudah cukup baik, informasi yang disampaikan dalam bentuk press release juga sudah cukup baik. “Cuma memang perlu ditingkatkan cara penulisan jurnalistik serta perlu diadakan beberapa press tour dan perlu juga diikutsertakan wartawan dalam kegiatan-kegiatan studi banding,” tuturnya.

Staf Khusus Rektor UI, Ima Mayasari mengatakan untuk UI dapat bertransformasi menuju Entrepreneurial University perlu brading berita-berita positif dari media. “Media sangat berperan penting untuk menjadikan UI menuju Entrepreneurial University,” tegasnya.

Adapun sebanyak 20 wartawan PWI Kota Depok yang ikut FGD ini yakni Rusdy Nurdiansyah (Republika),.Wahyu Saputra (Sederhana), Maulana Said (Radar Online),.Hendrik Isnaini Raseukiy (Elshinta), Feru Lantara (LKBN Antara), Windarto (Suara Karya), Irwan Supriyadi (Cerita Depok), Mia Naladini (Depoknews) Hendri Arifianto (Lampu Hijau), Anton Pulung (Poskota), Erna Multiningsih (Multinews), Diana Hani (Siaran Depok), Febrianti (Radar Depok), Rudi Irwanto (Kastara), Vini Rizky Amelia (Warta Kota), Agus (Swara Pendidikan), Juli Effendi (Berimbang), Jaya Kamarullah (Kabar Publik), Hadi Effendi (Depok Pembaruan) dan Wahyudin (Infobanua.co.id). (Wahyu)

Total
0
Shares
Related Posts