infobanua.co.id
Beranda KALTARA Nazmy Anshory Pelajar SMAN 1 Nunukan Raih Medali Perunggu di Kompetensi Sain Nasional

Nazmy Anshory Pelajar SMAN 1 Nunukan Raih Medali Perunggu di Kompetensi Sain Nasional

Nunukan, infobanua.co.id –  Muhammad Nazmy Anshory siswa SMAN 1 Nunukan berhasil meraih medali perunggu pada lomba Kompetensi Sain Nasional (KSN) yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia tahun 2021.

Pengumuman hasil pemenang Kompetensi Sain Nasional (KSN) tingkat SD, SMP dan SMA sederajat disiarkan Langsung melalui saluran zoom meeting dihadiri Ditjen Paud Dikdasmen (Kemendikbud Ristek) Jumeri dan Plt Puspernas Asep Sukmayadi serta anggota Komisi X DPD RI, Muhammad Kadafi, dan disaksikan langsung oleh Bapak Mentri Pendidikan Republik Indonesia Bapak Nadiem Mukarim. Pelaksanaan Lomba KSN ini diselenggarakan dan berlangsung pada hari Jumat (12/11).

Ajang KSN yang sebelum bernama Olimpiade Sain Nasional (OSN) digelar sejak 07 hingga 12 November dengan diikuti perwakilan pelajar dari sekolah – sekolah yang yang terpili yang di ikuti oleh 34 provinsi se-Indonesia.

Menurut Ketua penyelenggara KSN, Asep Sukmayadi mengatakan pelaksanaan Kompetebsi Sain Nasional tidak hanya diikuti pelajar dalam negeri, namun diberikan juga kesempatan yang sama kepada peserta didik sekolah Indonesia berada di luar negeri. “Total peserta (Sekolah Dasar) SD/MI, SMP/MTS, SMK/MA sederajat jumlah sebanyak 228,906 siswa,” katanya.

Mereka atau Siswa-Siswa yang Ikut Lomba ini adalah generasi- generasi hebat yang terpilih, Sebelum
mengikuti Kompetensi Sain Nasional (KSN), para pelajar telah mengikuti seleksi di tingkat sekolah, setelah itu diseleksi tingkat kabupaten/kota baru ketingkat provinsi dari provinsi diseleksi lagi untuk ikut Lomba Kompetensi sain Nasional tingkat Nasional.

Menurut Asep Sukmayadi Menjelaskan bahwa mekanisme lomba Kompetensi Sain Nasional (KSN) menggunakan cara menjawab soal pertanyaan baik pilihan ganda maupun pilihan isian singkat, Observasi dan eksplorasi serta fit word tes khusus untuk bidang biologi dan geografi untuk jenjang SMA.

“Semua lomba diselenggarakan secara virtual dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kejujuran, ujarnya.

“Ucapan Trima kepada kepala sekolah, guru-guru hebat, kedua orang tua yang yang tak henti- hentinya membimbing dirumah, begitu para pembimbing dan pihak-pihak lainya yang turut terlibat dalam mensukseskan Kompetensi Sain Nasional (KSN) ,” ujarnya.

Peraih medali perunggu Kompetensi Sain Nasional (KSN) tahun 2021 dari Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, Muhammad Nazmy Anshori menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara, para juri, sekolah dan pembimbing. Ini medali pertama tingkat SMA yang diperoleh Kalimantan utara dan Kabupaten Nunukan.

Muhammad Nazmy Anshory anak Sulung dari Budi Anshory wartawan Media Niaga Asia yang juga cucu dari almarhum Muhammad Djamil wartawan TVRI Nunukan.

(Yuspal)

Bagikan:

Iklan