infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Iwapi Kalsel Sosialisasi Pencegahan Perkawian Usia Anak

Iwapi Kalsel Sosialisasi Pencegahan Perkawian Usia Anak

Amuntai, infobanua.co.id – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kalimatan Selatan (Kalsel) terus melakukan upaya sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak di daerah-daerah terpencil di Kalsel.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Iwapi Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi, saat melakukan kunjungan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dalam rangka sosialisasi aksi pemberdayaan dan perlindungan perempuan di Desa Muara Tapus, Kamis (11/11/2021).

“Kami memiliki giat untuk selalu berkunjung ke lokasi-lokasi kabupaten/kota, untuk ikut serta berpartisipasi aksi pemberdayaan perlindungan perempuan, terutama masyarakat yang terdampak perkawinan usia anak.” ucap Ketua DPD Iwapi Kalsel.

Shinta menjelaskan, kegiatan aksi turun langsung ke daerah-daerah ini merupakan salah satu langkah strategis dari pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan dalam menurunkan angka perkawinan usia anak di seluruh kabupaten/kota di Kalsel.

“Aksi ini, diharapkan bisa menurun (angka perkawinan usia anak) nilai rata-rata secara nasional, dimana Kalsel menduduki peringkat ke enam di seluruh Indonesia.” ujarnya.

Sebab itu, Shinta Ketua DPD Iwapi Kalsel terdorong untuk bergerak ikut membantu pemerintah dalam penanganan pemberdayaan dan perlindungan perempuan serta sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak.

Karena dengan adanya tanggung jawab yang besar dalam mengurus rumah tangga, menurutnya maka besar kemungkinan perkawinan usia anak sangat rentan dengan perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Berpotensi kegagalan rumah tangganya bisa dari segi mental dan ekonomi.” kata Shinta.

Shinta menambahkan, selain dari segi mental dan ekonomi yang masih belum siap, adapun dampat kesehatan akibat dari pernikahan usia anak

Ia berharap, dengan adanya aksi sosialisasi pemberdayaan dan perlindungan perempuan ini, bisa memberikan pemahan di lingkungan meraka masing-masing.

Senada denga itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU Hj Gusti Iskandariah, menyambut baik kegiatan aksi yang diselenggarakan DPD Iwapi Kalsel dan DPC Iwapi HSU.

Diketahui, berdasarkan data angka perkawinan usia anak di HSU masih terbilang cukup tinggi, dengan terlaksananya aksi ini, Gusti berharap kegiatan ini bisa berdampak ke masyarakat di Hulu Sungai Utara.

“Kepada para ibu-ibu menfaatkan lah sosialisasi ini, bagi yang bingung silahkan tanyakan langsung ke narasumber.” tutupnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan