infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA KWT Mawar Desa Rantau Karau Hilir HSU Ikut Lomba Pekarangan Pangan Lestari Kalsel

KWT Mawar Desa Rantau Karau Hilir HSU Ikut Lomba Pekarangan Pangan Lestari Kalsel

Amuntai, infobanua.co.id – Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Desa Rantau Karau Hilir Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara mengikuti Lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021, Rabu (17/11/2021) di Desa Rantau Karau Hilir.

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan H. Fakhruddin menyampaikan bahwa kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah program pemerintah guna mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan, pemenuhan gizi masyarakat, serta mendukung program ketahanan pangan nasional.

 

“Sebelumnya pekarangan yang tidak dirawat dan tidak mengahasilkan apa-apa, saat ini para anggota sudah merasakan banyaknya manfaat yang didapat dan juga meningkatkan gizi keluarga yaitu dengan menanam sayuran dan buah-buahan seperti cabai, bayam, kangkung, dan strawberry di Pekarangan rumahnya”. Ucap Fakhuruddin

 

“Semoga program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tetap berlanjut, tidak stop sampai disini saja akan tetapi harus dikembangkan sehingga dapat menambah penghasilan keluarga juga dapat meningkatkan pola konsumsi pangan yang mengandung gizi untuk keluarga dan masyarakat disekitarnya”. Harap Fakhruddin

 

Ir. Yanuar Pribadi selaku tim penilai pada Pekarangan Pangan Lestari (P2L) menyampaikan beberapa aspek yang dilihat, pertama yaitu kondisi rumah bibit, dempot, kondisi pekarangan rumah anggota dan juga aktivitas kelembagaanya.

 

Yanuar mengharpakan dengan adanya lomba ini dapat merangsang anggota untuk berinovasi agar tetap merawat pekarangannya tidak hanya saat lomba saja.

“Karena sesungguhnya tanaman yang digunakan baik dipekarangan maupun di demplot diperuntukkan untuk anggota sendiri, kepada selain anggota diharapkan juga untuk ikut merawat tanaman dipekarangan rumahnya sehingga dapat meningkatkan konsumsi keluarga dan pendapatan keluarga”. Ucap Yanuar.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan