DLH Banjar Terima Penghargaan KLHK Program Kampung Iklim

Martapura,infobanua.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar menerima apresiasi kegiatan program kampung iklim (Proklim) tahun 2021di halaman kantor DLH Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (1/12/ 2021).

 

Kegiatan ini diikuti bersama perwakilan dari beberapa kabupaten lainnya yang juga mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta.

 

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, mengajak masyarakat terus bergerak dan melakukan upaya nyata dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, di antaranya melalui kegiatan program kampung iklim (Proklim) yang melibatkan kerja sama multi pihak baik pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta.

 

Trophy penghargaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, kepada Kepala Desa Mandikapau Barat H.Abdul Basith sebagai penerima Trophy Proklim Utama didampingi Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Ir. Mursal kabid Tata Lingkungan Sri Apolina dan Kasi KSDA LH Yunida Rosniar beserta staf.

 

Turut berhadir pada acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup provinsi kalimantan selatan Hanifah Dwi Nirwana sekaligus memberikan sambutan dan semangat kepada para penggiat kampung iklim.

 

“Melalui Proklim maka diharapkan masyarakat secara sadar dan mandiri melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi dalam menghadapi ancaman perubahan iklim seperti menjaga kebersihan lingkungan, penghijauan, pengelolaan sampah, kegiatan ekonomi ramah lingkungan dan lainnya, Kementerian LHK maupun Pemprov Kalsel memberikan apresiasi kepada mitra Proklim maupun masyarakat hingga lintas RT/RW,”kata Hanifah.

 

Adapun apresiasi yang diberikan pemerintah kalimantan selatan kepada para penggiat kampung iklim di antaranya adalah 1 buah Mobil pick up L300, 7 buah kendaraan roda 3 serta bantuan tempat sampah.

 

Diharapkan dengan keterlibatan dari semua pihak dapat dilakukan  penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Fad/IB

Total
0
Shares
Related Posts