Pelantikan Pengurus KTNA, PERHIPTANI, P4S Kota Banjarbaru Ciptakan Petani Maju

Banjarbaru, infobanua.co.id –  Pelantikan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) dan Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Kota Banjarbaru Sekaligus Peresmian P4S “Sekolah Alam Creative” Kota Banjarbaru oleh Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Siti Hamdah. Bertempat di P4S Sekolah Alam Creativ Banjarbaru, Jalan Trikora RT 11 RW 03 Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Liang Anggang kota Banjarbaru, Rabu (08 Desember 2021).

Tampak SKPD  Kota Banjarbaru dan Provinsi terkait dengan bidang pertanian,  para peneliti Teknologi Pertanian  serta Kepala Balai Besar Penyuluhan Pertanian Binuang sebagai Pendamping  juga Pembina dan Fasilitator Kementerian Pertanian serta undangan lainnya.

pelantikan yang dilaksanakan ada 3 kelembagaan Penyuluhan pertanian yaitu Pengurus PERHIPTANI Kota Banjarbaru Ketua  A. Rifani, Ketua KTNA H Sumedi  SP MM, Serta 3 Kelembagaan P4S  (Pusata Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya Banjarbaru  yaitu P4S Sekolah Alam Creative, Karya Bakti Landasan Ulin Utara yang di ketuai Abdulah dan Anugerah  Kelurahan Sei Ulin Khusus Hidroponoik  Ir Wahdiah.

Dalam  sambutan Ketua KTNA  H Sumedi SP MM menyampaikan, sangat berharap nantinya kepada Wali Kota Banjarbaru agar bisa langsung datang untuk meninjau terkait memanfaat keberadaan P4S yang ada dikota Banjarbaru ini. Ini sebagai langkah awal bagi para pelaksana program yang di rencana seperti Program RT Mandiri yang bergerak dibidang pertanian maupun pengolahan hasil pertanian dan program urban farming dapat berlatih di Ketiga P4S yang ada di Kota Banjarbaru.

“Pada prinsipnya siap memberikan pelatihan dasar, pelatihan materi utama  dan materi Penunjang dalam Pelaksanan Usaha Pertanian dari Hulu dan Hilir,” jelas Sumedi.

Sementara itu Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Siti Hamdah mengucapkan selamat kepada Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) dan Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Kota Banjarbaru yang dilantik pada hari ini.

“Kami berharap dengan hadirnya Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Sekolah Alam Creative Kota Banjarbaru dapat lebih memotivasi para petani untuk lebih maju dalam melakukan segala usahanya dibidang pertanian. Sserta menjadi tempat menimba ilmu tentang dunia pertanian bagi semua lapisan masyarakat maupun generasi muda sebagai petani melenial,” tuturnya.

Menurut Siti, diharapkan tentunya secara otomatis juga turut serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan membantu laju pertumbuhan pembangunan di Kota Banjarbaru. Marilah kita bersama-sama  saling bersatu padu untuk meningkatkan kesejahteraan serta  peningkatan tata perekonomian   masyarakat yang lebih maju  di Kota Banjarbaru.

“Selamat kepada para pengurus yang dilantik, semoga kedepannya kita dapat menyamakan langkah, membangun sinergi yang baik agar tercipta Kota Banjarbaru yang Maju, Agamis dan Sejahtera,” ucapnya.

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang dan Rombongan akan berupaya membina mendampingi keberadaan kelembagaan Swadaya P4S dan akan di laporkan Ke Menterian Petanian yang membidangi, karena P4S sangat diharapkan dapat bersenergi dan dapat memberikan kontribusi peningkatan pengetahuan  keterampilan sikap bagi Petani dalam melaksnakan usaha tani yang lebih baik. Akhirnya petani melaksanakan kegiatan pertanian baik dan benar berjiwa pengusaha.

lebih lanjut Kepala BBPP Binuang mengaharapkan, bukan hanya petani yang tua tetapi sangat berharap generasi muda atau petani melenial dapat ikut serta berlatih di P4S yang ada di Kota Banjarbaru dengan harapan adanya generasi muda pertanian yang berjiwa pengusaha dan menjadi interprenur yang dapat membuktikan dengan  bertani menguntungkan dan dapat hidup sejatera .

Pada acara pelantikan Kelembagaan KTNA juga menampilkan hasil olahan dari UMKM hasil produksi pertanian yang sudah dikemas cukup baik namun kendala yang dihadapi adalah sistem pemasaran yang belum begitu baik meski sebagian produk sudah ada yang masuk supermaket di Kota Banjarbaru.

Ketua KTNA H Sumedi  SP MM berharap selalu dapat dukungan untuk bisa menjadikan UMKM yang dikenal secara luas dalam pemasaran sehingga dapat meningkatan pendapatan bagi pengrajin olahan.

Sementara Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kota Banjarbaru berkometmen dalam mendukung program pemerintah di bidang pertanian baik pusat maupun daerah dan bersemboyan “PERHIPTANI Bersama Pemerintah dan Masyarakat Mewujudakan  Sistem Penyuluhan Pertanian Berinovasi”. Dengan harapan pertanian Banjarbaru mempunyai teknologi terbarukan.

“Perlu di contoh bahwa di  Kota Banjarbaru petani kita mampu memproduksi bawang merah dengan tanam biji yang berasal dari Belanda yang di tanam dilahan yang berbatu dan hasil sangat bagus , ini bukti Inovasi pertanian yang perlu di contoh dan di kembangkan lagi tentunya,” imbuhnya.

Yus/IB

Total
0
Shares
Related Posts