infobanua.co.id
Beranda Blitar Tunggu Diresmikan, Lima Palang Pintu KA di Kota Blitar Siap Dioperasikan

Tunggu Diresmikan, Lima Palang Pintu KA di Kota Blitar Siap Dioperasikan

Blitar, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, akan mengoperasionalkan palang pintu perlintasan Kereta Api (KA) di lima titik pada pertengahan bulan Desember 2021 ini.

Kepala Dishub Kota Blitar, Juari, mengatakan, proses pembangunan palang pintu perlintasan KA di lima titik sudah selesai sejak akhir bulan November 2021 kemarin.

“Saat Ini masih tahap uji coba, rencananya pertengahan bulan Desember 2021 ini kami resmikan,” kata Kepala Dishub Kota Blitar, Juari, Rabu, 08-12-2021.

Menurut Juari, lima titik palang pintu perlintasan Kereta Api di Kota Blitar yang dibangun tahun ini, yakni, di jalan Nias, jalan Lekso, jalan Bengawan Solo, jalan Suryat, dan jalan Kolonel Sugiono.

“Pembangunan palang pintu perlintasan Kereta Api di lima titik itu menghabiskan beaya Rp 04 Miliar dari APBD Kota Blitar,” jlntrehnya.

Lebih dalam Juari menuturkan, pembangunan palang pintu perlintasan Kereta Api di lima titik tersebut lengkap dengan rambu-rambu, lampu sirine dan pos penjagaan.

“Selama uji coba berjalan lancar. Semua perlengkapan di palang pintu perlintasan Kereta Api juga berfungsi normal,” terangnya.

Selanjutnya Juari menjelaskan, sesuai rencana, peresmian pengoperasian lima palang pintu perlintasan Kereta Api akan dipusatkan di jalan Nias.

Peresmian palang pintu perlintasan Kereta Api, nantinya ditandai dengan pelepasan patok pembatas di ruas jalan Nias.

Dengan pelepasan patok pembatas, perlintasan Kereta Api di jalan Nias dapat dilewati kendaraan roda empat lagi.

Untuk diketahui bahwa, perlintasan Kereta Api di jalan Nias, sempat ditutup untuk kendaraan roda empat karena rawan terjadi kecelakaan.

“Dengan dipasangnya palang pintu, muaranya adalah perlintasan Kereta Api di jalan Nias dapat dilewati kendaraan roda empat lagi. Karena saat peresmian, patok pembatasnya akan dilepas,” jelasnya.

Akhirnya juari menerangkan bahwa, masih ada dua perlintasan Kereta Api lagi di Kota Blitar yang belum berpalang pintu.

Kedua perlintasan tersebut adalah jalan Bakung dan jalan Kiai Mojo.

“Dua perlintasan yang belum berpalang pintu akan kami usulkan pembangunannya tahun depan,” pungkasnya. (Eko.B)

Bagikan:

Iklan