infobanua.co.id
Beranda Blitar Sambut Hari Anti Korupsi, Massa KRPK Geruduk Kantor Kejari Blitar

Sambut Hari Anti Korupsi, Massa KRPK Geruduk Kantor Kejari Blitar

Blitar, Infobanua.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi, ratusan massa yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Blitar, melakukan aksi damai dan orasi di depan kantor Kejaksaan Negri Blitar, Kamis 09 Desember 2021.

Dalam aksinya massa menuntut Kejari Blitar untuk mengusut tuntas kasus-kasus korupsi yang selama ini dinilai hanya berhenti ditempat dan tidak wajar.

Massa menuntut Kejari untuk menyelesaikan kasus-kasus dugaan korupsi di Blitar Raya. Salah satunya adalah kasus dugaan korupsi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Blitar.

Koordinator aksi, Trijanto, mengatakan, pihaknya meminta agar Kejari segera memanggil ketua KONI Kota Blitar dan beberapa pengurusnya.

“Tujuan kami dalam aksi kali ini adalah untuk memperingati hari anti korupsi. Dan dalam moment ini kami juga mendesak agar pemerintah konsisten mengusut kasus korupsi dan menyelesaikannya. Salah satunya kasus dugaan korupsi KONI Kota Blitar,” kata Koordinator aksi, Trijanto.

Menurut Trijanto, pihaknya telah melakukan investigasi dan menemukan beberapa data dan bukti kuat adanya dugaan korupsi KONI Kota Blitar.

Beberapa temuan kejanggalan tersebut di antaranya cabang olah raga Pencak Silat yang sudah dibekukan sejak tahun 2017, namun hingga tahun 2020 diduga masih ada kucuran anggaran. Bahkan pihaknya sudah menyerahkan bukti tersebut ke Kejari Blitar.

“Tahun 2020 jelas ada anggaran Rp 4,7 Miliar namun tidak ada kegiatan karena covid-19. Namun anggaran itu terserap. Dengan ini kami meminta Kejari mengusut tuntas,” jlentrehnya.

Sementara itu, kasi intel Kejari Blitar, Anwar Zakaria,8 mengatakan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket).

Tapi pihaknya sudah meminta keterangan beberapa saksi, mulai dari pengurus, pelatih, manager, pemain dan beberapa ASN.

“Kami sudah menerima beberapa dokumen tambahan, namun kami minta waktu. Kami juga sedang melakukan penelitian data tambahan,” kata Kasi Intel Kejari Blitar, Anwar Zakaria.

Usai berorasi di depan Kejari Blitar, massa bergerak menuju perempatan Lovi Kota Blitar untuk melanjutkan aksi unjuk rasa.

Aksi unjuk rasa yersebut mendapat pengamanan ketat dari Polres Blitar Kota. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan