infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Menuju Malam Pergantian Tahun Baru Wakil Bupati Barito Kuala Gas Kejar Target Vaksinasi Covid-19

Menuju Malam Pergantian Tahun Baru Wakil Bupati Barito Kuala Gas Kejar Target Vaksinasi Covid-19

Marabahan, infobanua.co.id – Kabupaten barito kuala terpaksa melakukan percepatan vaksinasi. Hal ini dikarenakan target vaksinasi yang ada di Kabupaten Barito Kuala hanyar mencapai 67% dari target vaksin yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Hal ini membuat Wakil Bupati Barito Kuala. Rahmadian Noor harus kejar tayang untuk pencapaian target vaksinasi di Kabupaten Barito Kuala.

Saat ditemui oleh infobanua.co.id dikantor wakil Bupati Barito Kuala. Rahmadian Noor membenarkan bahwa taget vaksinasi di Barito Kuala baru tercapai 67%. Akan tetapi pihaknya akan terus mempercepat target vakssinasi itu. Jumat (31/12)

“Untuk sekarang memang jumlah yang tercatat baru 67%. Akan tetapi kami sudah mulai mengebut untuk mempercepat target vaksinasi agar bisa melebihi target yang di tentukan,” ungkapnya.

Pemerintah Kab. Barito Kuala, mengatakan jumlah masyarakat yang belum tervaksinasi ada sekitar 171 orang dari sisa 6 ribu orang.
Pihaknya pun sudah menyediakan 20 gerai vaksin untuk malam tahun baru yang ditempatkan di kecamatan alalak.

Sementara bagi masyarakat yang enggan melakukan vaksinasi covid-19, pihak Kabupaten Barito Kuala menekankan, “Misalnya kepada penerima BLT, nantinya BLTnya akan di tunda. Dan satu lagi mereka tidak akan bisa mengunakan pelayanan umum seperti pembuatan KTP, Akta, KK, dllnya, dan jika menolak pastinya bisa dikenakan denda” bebernya.

Sedang untuk para lansia dan warga yang memiliki penyakit komorbit, Mahdianoor menekankan bahwa pihak yang bersangkutan harus ada surat keterangan dari dokter bahwa yang bersangkutan memang benar memiliki penyakit komorbit.

“Kita pun juga tidak bisa melakukan asal vaksin, asal suntik jika yang bersangkutan memiliki penyakit komorbit. Dalam hal ini warga yang memiliki penyakit komorbit bisa dibilang pihaknya adalah salah satu warga khusus,” ujarnya

Pihaknya pun juga sudah melakuakan persuasif kepada masyarakat yang tinggal di pelosok desa yang kebanyakan mereka belum sadar dan paham betul untuk melakukan vaksinasi.

Dalam hal ini Mahdianoor mengutuskan pihak terkait agar selalu melakukan pendekatan kepada para warga yang tinggal di pelosok desa.

“Bahwa pihaknya akan melakukan pembagian sembako kepada para warga yang ingin melakukan vaksinasi covid-19. Bukan cuma sembako Mahdianoor pun juga menambahkan juga ada dorprize, dengan hadiah utama yaitu umroh 2, motor 3, sepeda, perabotan dapur dan listrik yang nantinya akan diundi melalui ktp warga yang melakukan vaksinasi covid-19,” katanya

Sedangkan untuk stok vaksin yang tersedia masih sekitar 100 ribuan dan yang terbanyak adalah dari jenis vaksin astrazaneca. Dan dari jumlah 100 ribu terisisa 90 ribuan vaksin dikarenakan sebagian sudah ada yang terpakai.

harapannya semoga masyarakat dapat berbondong-bondong mendatangi gerai vaksin yang sudah disediakan dan tentunya tanpa ada paksaan hal ini semata-mata agar kita semua bisa kembali beradaptasi di era new normal.

“Ya semakin cepat kan semakin bagus kan kita juga yang merasakannya bukan orang lain,” ujarnya.

Sebagai infomarsi Mahdianoor memberlakukan larangan akhir tahun dimalam tahun baru terutama untuk warga Kabupaten Barito Kuala. Ia meminta agara warga atau pun masyarakat Barito Kuala meniadakan acara yang mengundang orang banyak.

Dan pihaknya pun sudah menaroh beberapa gerai vaksin ditempat-tempat wisata. Bukan cuma itu saja semua petugas keamanan dari TNI dan Polri pun sudah dikerahkan mulai sore hari untuk melakukan pencegahan kerumanan dimalam tahun baru dari jembatan Rumpiang,
Barito, dan Basit.

feb

Bagikan:

Iklan