infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Hari Jadi Batola ke-62, Meriah Dengan Permainan Tradisional

Hari Jadi Batola ke-62, Meriah Dengan Permainan Tradisional

Marabahan, infobanua.co.id – Berbagai lomba hiasi kemeriahan hari jadi (Harjad) Batola ke-62 Batola. Peserta lomba bakiak (terompah) banyak terjatuh, menjadi hiburan tersendiri bagi penonton.Masih dalam rangka Harjad ke-62 Batola, Rabu (06/01) di Lapangan 5 Desember Marabahan, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Batola bersama Disporbudpar Batola menggelar aneka lomba permainan tradisional.

Seperti lomba balogo se-Kalsel, enggrang (babatisan), bakiak (terompah), dan lomba tarik tambang.Untuk lomba enggrang ternyata peminatnya cukup banyak. Mereka yang terlibat dalam permainan mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga orangtua. Yang jelas lomba ini cukup memberi hiburan bagi penonton.

Yang tak kalah seru juga terjadi pada lomba bakiak. Jenis lomba yang pesertanya terdiri dari tiga orang harus melaju dengan satu terompah. Banyak dari mereka yang terjatuh lantaran gerakan kaki yang tidak selaras. Ada yang terguling di hadapan penonton hingga sontak membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Jenis olahraga tradisional ini peminatnya hanya laki-laki namun juga perempuan baik tua, muda, bahkan anak-anak.

Dari semua lomba yang digelar, panitia menyediakan hadiah yang cukup besar. Untuk lomba balogo se-Kalsel disiapkan total hadiah Rp25.500.000, lomba enggrang Rp600.000, lomba bakiak Rp1.350.000, dan lomba tarik tambang Rp3.750.000.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan