infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Refleksi PN Amuntai Tingkatkan Layanan, Inovasi, Hingga Raih Penghargaan

Refleksi PN Amuntai Tingkatkan Layanan, Inovasi, Hingga Raih Penghargaan

Amuntai, infobanua.co.id – Pengadilan Negeri (PN) Amuntai terus berupaya menciptakan serta meningkatkan berbagai fasilitas dan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat pengguna layanan ataupun masyarakat pencari keadilan.

 

Hasilnya selama kurun tahun 2021 Pengadilan Negeri Amuntai berhasil mendapatkan berbagai penghargaan baik dari internal maupun eksternal Mahkamah Agung.

 

“Penghargaan yang didapatkan Pengadilan Negeri Amuntai tersebut diantaranya adalah apresiasi atas inovasi sarung dan era terang dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Akreditasi Penjaminan Mutu dengan nilai A (excellent) dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, peringkat 3 Nasional dalam Pelaksanaan E-Court pada kategori Peradilan Umum Kelas II dari Hukum Online serta predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB.” Ungkap Humas Pengadilan Negeri Amuntai, Gland Nicholas, Minggu (2/1/2022)

 

Lebih lanjut, dikatakannya Pengadilan Negeri sebagai suatu instansi publik tentunya mempunyai tugas pokok memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama serta berbagai pelayanan hukum lain, senantiasa didorong untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna layanan ataupun masyarakat pencari keadilan.

 

Terpisah, Budi Hermanto SH, MH, selaku Ketua Pengadilan Negeri Amuntai mengungkapkan apresiasi yang didapatkan ini merupakan capaian dari kinerja seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Amuntai.

 

Dikatakannya, pada tahun 2021 ini Pengadilan Negeri Amuntai berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, 2 predikat diantaranya yang didapatkan dari lembaga eksternal yakni peringkat 3 Nasional dalam Pelaksanaan E-Court pada kategori Peradilan Umum Kelas II.

 

Dari Hukum Online dan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan dari Kemenpan RB menjadi sangat bermakna karena didapatkan berdasarkan penilaian dari lembaga di luar Mahkamah Agung.

 

Seluruh raihan ini, Kata Budi merupakan capaian atas kinerja nyata dari seluruh keluarga besar Pengadilan.

 

” Meski berada di suatuasi pandemi, melaluinya Inovasi kami selalu menanamkan pola pikir bahwa sebagai suatu instansi harus terus meningkatkan kinerja berbasis pelayanan kepada masyarakat, Capaian ini merupakan hasil dari komitmen kami dalam rangka meningkatkan pelayanan serta menciptakan wilayah kerja yang bersih”, terang Ketua PN Amuntai ini.

 

Lebih lanjut, sosok yang akan melanjutkan perjalanan karirnya di Pengadilan Negeri Banjarmasin setelah bertugas di Pengadilan Negeri Amuntai selama 2.5 tahun ini menambahkan bahwa disamping apresiasi yang diterima tersebut Pengadilan Negeri Amuntai juga terus berupaya untuk melakukan akselerasi dalam penyelesaian perkara.

 

“Selain peningkatan fasilitas dan inovasi tersebut, kami juga terus berupaya untuk dapat menyelesaikan perkara yang masuk dengan akselerasi tinggi tentu dengan menjaga kualitas. Data yang kami miliki di tahun 2019 kami menyisakan 29 perkara, sementara di tahun 2020 kami menyisakan 19 perkara dan di tahun 2021 ini kami hanya menyisakan 3 perkara. Ini adalah salah satu kinerja nyata kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan disamping berbagai upaya lain yang telah kami lakukan” beber Budi

 

Disamping itu, ia bersama dengan Yuli Purnomosidi selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Amuntai juga telah menetapkan berbagai rencana strategis untuk tahun 2022.

 

“Menghadapi tahun 2022 yang akan datang, kami juga telah menyusun berbagai rencana strategis. Harapannya rencana strategis yang telah ditetapkan bersama dengan seluruh Aparatur ini dapat meningkatan kinerja serta pelayanan Pengadilan.” Imbuhnya

 

Adapun salah satu rencana yang telah ditetapkan pihaknya adalah akan bersinergi dengan berbagai instansi untuk menciptakan gagasan dan inovasi guna kemudahan Masyarakat.

 

“Selanjutnya oleh karena saya dan Ketua juga akan menjalankan tugas di tempat yang baru, seluruh rencana strategis ini akan dilanjutkan oleh pimpinan yang baru secara berkesinambungan“, ungkap Yuli Purnomosidi

 

Selain itu, Yuli Purnomosidi  juga mengakui akan melanjutkan karirnya di Pengadilan Negeri Sumenep sebagai Wakil Ketua menyampaikan harapannya akan dukungan masyarakat serta instansi terkait untuk rencana kerja yang telah disusun tersebut.

 

“Rencana strategis yang telah ditetapkan bersama dengan seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Amuntai ini tentunya tidak dapat kami jalankan sendiri. Kami memerlukan dukungan dan doa dari masyarakat serta berbagai instansi untuk dapat terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang prima”pungkasnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan