infobanua.co.id
Beranda Blitar Ritual Pukul Cangkul, di Gelar Warga Blitar Untuk Usir Roh Jahat

Ritual Pukul Cangkul, di Gelar Warga Blitar Untuk Usir Roh Jahat

Blitar, Infobanua.co.id – Karena banyak warga di wilayah Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, merasa terusik ketenangannya karena diganggu oleh roh jahat.

Maka warga Dusun Tapan, Desa Bakung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, menggelar ritual mengusir roh jahat, Selasa 11.Januari 2022.

Ritual tersebut dipimpin oleh seorang sesepuh Desa. Dengan harapan digelarnya ritual tersebut dapat memberikan ketenangan dan ketentraman, di mana roh jahat tidak lagi mengusik atau mengganggu ketenangan warga di Desa tersebut.

Tokoh pemuda Dusun Tapan, Nanang, mengatakan, ritual tersebut digelar, karena warga merasa kesulitan melakukan penebangan pohon di lokasi yang akan di bangun sebuah Padepokan.

Saat akan melakukan penebangan, mesin gergaji yang digunakan tidak bisa untuk menggergaji dan sering mati.

“Ketika akan melakukan penebangan ada saja gangguannya. Yang selalu terjadi adalah gergaji tidak kuat untuk menggergaji dan sering mati. Kami berharap dengan ritual ini pembangunan Padepokan akan berjalan lancar,” kata Tokoh pemuda Dusun Tapan, Nanang, Rabu 12-01-2022.

Menurut Nanang, upaya mengusir roh jahat dipimpin oleh seorang sesepuh bernama Abah Imam Sobiri, yang merupakan sesepuh Pencak Silat dari Kabupaten Blitar.

Dalam mengusir roh jahat, Abah Imam Sobiri melakukan ritual Pukul Cangkul.

Selain pandai beladiri, Abah Imam Sobiri juga dikenal memiliki karomah mengusir setan dan roh halus yang jahat.

“Dengan ritual Pukul Cangkul ini, semua roh jahat akan pergi dan tidak akan lagi mengganggu warga masyarakat atau para pekerja,” jlentrehnya.

Lebih dalam Nanang menuturkan, ritual semacam ini biasa dilakukan warga Desa Bakung di tempat yang angker dan dihuni oleh makhluk halus yang jahat.

Rencananya, tempat yang ditebang pohonnya tersebut akan didirikan bangunan Padepokan Jodhi Pati.

“Tempat yang akan didirikan bangunan ini dikenal sangat angker. Tempat ini banyak pohon-pohon besar yang dihuni rok jahat,” ungkapnya.

Masih menurut Nanang, dengan berdirinya Padepokan Jodhi Pati, diharapkan akan dapat memberikan kegiatan positif kepada para pemuda yang gemar dengan olah raga Tinju, Muay Thai dan Pencak Silat.

Dan Padepokan tersebut akan membina para pemuda untuk mencetak prestasi dan melahirkan atlet profesional di bidang olahraga Tinju, Muay Thai dan Pencak Silat.

“Dengan berdirinya Padepokan Jodhi Pati, diharapkan bisa menampung para anak muda yang gemar menggeluti bidang olah raga terutama Tinju, Muay Thai dan Pencak Silat. Mereka akan dilatih menjadi atlet profesional dan berakhlak mulia,” pungkasnya. (Eko.B) 

Bagikan:

Iklan