infobanua.co.id
Beranda TAPIN Perpustakaan Tapin rutin masuk Rutan demi tingkatkan minat baca

Perpustakaan Tapin rutin masuk Rutan demi tingkatkan minat baca

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin rutin memasuki rumah tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Rantau, demi tingkatkan minat baca warga binaan.

Estiaten Johan, Putakawan Tapin menjelaskan program “sirkulasi buku” dengan Rutan Rantau sudah dilakukan sejak 2019 lalu.

“Setiap tiga atau enam bulan sekali buku di perpustakaan Rutan Rantau disirkulasi,” ujarnya, Senin, saat menyerahkan buku ke Rutan.

Pertukaran buku terjadwal itu dimaksudkan untuk menambah wawasan warga binaan dan menambah koleksi buku milik perpustakaan Rutan Rantau.

“Setiap sirkulasi ada 150 buah buku. Jenisnya beragam,misalnya buku keagamaan, keterampilan, sejarah dan lainnya,” ujarnya.

Buku- buku itu didapatkan dari Perpustakaan Umum Harapan Cerdas milik pemerintah daerah.

Kepala Rutan Rantau Andi Hasyim mengungkapkan sejak adanya program itu, sekarang tingkat minat baca warga binaan bertambah.

“Rata rata ada 40 kunjungan setiap harinya. Jadwal perpustakaan hari Jum’at dan Sabtu. Ke depan akan dijadwalkan setiap hari kerja,” ujar Kepala Rutan Rantau yang menjabat akhir 2020 lalu itu.

Dari empat puluh orang rata-rata kunjungan itu tidak jarang warga binaan meminjam buku-buku untuk dibawa ke dalam kamar hunian.

“Sekarang ada 323 warga binaan yang menghuni di sini,” ujarnya.

Harapan Andi, kerjasama baik dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tapin dapat berjalan lama, serta bermanfaat untuk warga binaan.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan