infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Optimalisasi Peran dan Fungsi Rukun Tetangga dalam Pembangunan

Optimalisasi Peran dan Fungsi Rukun Tetangga dalam Pembangunan

Tanah Bumbu – Pembangunan merupakan hal yang sangat mendasar dalam sebuah Negara. Pemerintah memiliki kewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya, dan salah satunya adalah melalui pembangunan. Diera sekarang pembangunan bukanlah dititik beratkan pada pembangunan di wilayah perkotaan tetapi pembangunan sudah dimulai dari wilayah perdesaan.

Hal ini ditegaskan Fendi Lurah Tungkaran Pangeran usai melantik dan menyerahkan SK 19 Ketua RT di Wilayah Kelurahan Tungkaran, di Kantor Aula Kelurahan Tungkaran Pangeran Kabupaten Tanbu, Jumat (21/1/2022).

Kata Pengurus RT/RW adalah garda terdepan pembangunan desa/kelurahan bahkan pembangunan nasional peningkatan kualitas serta kesejahteraan mereka adalah salah satu faktor pendorong suksesnya program pembangunan tersebut. memaksimalkan peran dan fungsi pengurus RT/RW akan berdampak besar bagi program pembangunan desa dan nasional, dengan meningkatnya kualitas pengurus RT/RW maka akan berjalannya fungsi mereka dengan maksimal.

Peran serta RT dan RW dalam pembangunan wilayah kelurahan/desa amatlah vital, seperti yang telah dikemukakan diatas RT dan RW adalah lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa, mereka adalah mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan – kebijakan pemerintah desa, daerah maupun nasional dan sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat, berada di tengah konflik masyarakat sehingga merekalah yang memiliki pemahaman lebih terhadap sekala permasalahan dan konflik yang terjadi dimasyarakat.

Pengurus RT/RW berperan aktif dalam mendukung visi dan misi pembangunan pemerintah daerah, RT/RW mampu menjadi dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, berperan dalam penataan lingkungan hidup, menjadi fasilitator yang dapat menjaga komunikasi dan harmonisasi program-program dari pemerintahan kepada masyarakat ataupun sebaliknya memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dan berkesinambungan sesuai mekanisme yang berlaku, dan RT/RW berperan penting dalam pengumpulan dana masyarakat baik pajak maupun non pajak.

roni

Bagikan:

Iklan