Pemkab HST Pungut Galian C Sebagai Kompensasi Penggunaan Jalan Umum

BARABAI- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melakukan pungutan terhadap truk angkutan yang mengangkut pasir, sirtu dan batu gunung yang masuk galian C.

“Pungutan bagi galian C sebagai bentuk kompensasi atas penggunaan jalan milik Kabupaten HST dan pengusaha menambang di areal lokasi wilayah HST,” kata Kepala Badan Pengelola Pajak dan Restribusi Daerah Pemkab HST H Fahmi, Jumat (4/2/2022).

Kata Fahmi, dasar diterapkannya pungutan galian C berdasarkan Perda Nomor 9 Tahun 2011 tentang penambangan bukan mineral, logam dan batuan atau sering disebut pajak galian C.

“Nilai pungutan berdasarkan harga pasaran yang sudah ada yang ditentukan di Perda tahun 2009. Nilai pungutan terbilang masih rendah,” katanya.

Menurut Fahmi, Pemkab HST sudah memiliki Perda galian C tapi baru diberlakukan awal Januari 2022.  Hal lain juga dikuatkan aturan soal pungutan galian C, sesuai amanah UU Dasar 1945, pasal 33 Bumi Air, dan Kekayaan alam di dalamnya dikuasai negara.

Negara berhak mengatur, mengelola dan mengawasi sumber daya alam, di seluruh daerah. Khususnya HST, sesuai amanah UU Nomor 28/1999 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, Pemkab HST diamanahi memungut pajak galian C. Pemkab HST melakukan pungutan di tiga lokasi yakni, Pagat, Birayang dan Rangas.

rel/yus

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts