Categories: Blitar

Ketua DPRD Kab.Blitar Mengaprisiasi Pemda Tentang Pendidikan Gratis

Blitar, Infobanua.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar, mengaprisiasi terkait Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, akan memulai program pendidikan gratis pada tahun 2022 tahun ini.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, menilai lebih tepat memulai daripada hanya menjadi wacana saja.

Program pendidikan gratis untuk PAUD, SD, SMP dan Perguruan Tinggi tersebut, jika dimulai dan berpotensi muncul sejumlah kekurangan baginya itu hal yang wajar yang dapat ditampung melalui evaluasi dan perbaikan.

“Menurut kami jalan dulu, itu lebih baik daripada lama berwacana tetapi tidak jalan-jalan. Kalau ada kelemahan itu kami pikir bagian dari evaluasi. Tetapi keberanian mengeksekusi itu lebih baik dan jalan tetlebih dahulu,” kata Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, Sabtu 12-02-2022.

Disinggung pendidikan gratis Perguruan Tinggi yang salah satu syarat mutlaknya harus diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Suwito meminta supaya masalah ini bisa kembali dipikirkan oleh Pemerintah Daerah, agar tidak memantik konflik baru.

Sebab, calon Mahasiswa asal Kabupaten Blitar yang tidak masuk di Perguruan Tinggi Negeri juga cukup banyak, yang semestinya juga menjadi bagian akses pendidikan gratis perguruan tinggi.

Pemerataan akses pendidikan yang layak dan bermutu menurut Suwito, harus bisa dihadirkan oleh Pemerintah Daerah sebagaimana amanat konstitusi atau Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Untuk itu, tidak ada alasan Pemerintah untuk tidak mampu melaksanakan amanat konstitusi tersebut.

“Kami berharap sebenarnya masalah yang terdekat dan mendesak itu bisa diatasi dengan sungguh-sungguh. Sehingga akses pendidikan yang baik dan merata dapat dicapai,” jlentrehnya.

Sementara beberapa hari yang lalu, Wakil Bupati (Wabup) Blitar, Rahmat Santoso, memastikan jika program pendidikan gratis mulai PAUD, TK, SD, SMP dan Perguruan Tinggi mulai dilaksanakan tahun 2022 ini.

Rahmat menjelaskan, program pendidikan gratis dilaksanakan pada tahun 2022 mengingat di tahun 2021, pihaknya dan Bupati Blitar bersama DPRD telah membahas konsep dan kesiapan anggaran pelaksanaan program pendidikan gratis tersebut.

Meski mereka resmi menjabat pimpinan daerah Kabupaten Blitar di tahun 2021, ternyata itupun belum cukup untuk mengupayakan pendidikan gratis dapat dimulai pada tahun yang sama, sebab tahun itu pelaksanaan program pemerintah direncanakan pada tahun 2020.

“Sesuai dengan janji kami sekolah gratis mulai PAUD hingga Universitas, akan terealisasi pada tahun2022 ini, karena kami ikut di DPRD merencanakan anggaran di tahun 2022. Sementara tahun 2021 kami tidak bisa apa-apa karena ketokan anggaran di tahun 2020 dimana kami belum menjabat di Kabupaten Blitar,” pungkasnya. (Eko.B) 

admin

Recent Posts

Wabup Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Majelis Ta’lim Annamathul Awsath

Martapura, infobanua.co.id – Bupati Banjar H Saidi Mansyur resmikan gedung baru TK/TPA Tilawati Raudhatul Anwar…

1 jam ago

Wabup Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Majelis Ta’lim Annamathul Awsath

Martapura, infobanua.co.id – Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi hadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad…

1 jam ago

Wabup Habib Idrus Al Habsyi Hadir Bersama Zuriat Kesultanan Banjar di Haul Sultan Adam

Martapura, infobanua.co.id – Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi, para habaib dan ulama serta…

1 jam ago

Peringatan Maulid Nabi di Martapura, Bupati Ajak Teladani Akhlak Rasulullah

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di…

1 jam ago

Peringatan Maulid Nabi di Banjarbaru, Al Habib Ali Ajak Berbaik Sangka

Banjarbaru, infobanua.co.id – Masjid Agung Al-Munawwarah Banjarbaru menyelenggarakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446…

1 jam ago

Buya Arrazy Hasyim Soroti Keutamaan Maulid dan Apresiasi untuk Pemerintah Kalsel

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam suasana penuh khidmat, acara Gema Maulid 40 Malam memperingati Maulid Nabi…

4 jam ago