Pemkab HST Bangun Penimbunan Sampah Baru di TPA Telang

BARABAI – Pemkab HST tengah mempersiapkan pembangunan penimbunan sampah baru diatas lahan seluas 1 hektar lebih dari total luas lahan TPA Telang. Diharapkan tahun 2022 ini pembangunan penimbunan sampah baru mulai dibangun. Yang diperkirakan membutuhkan dana senilai Rp.9 miliar.

“Pemkab HST sudah mengajukan permintaan bantuan ke pemerintah pusat untuk membangun penimbunan sampah baru,” kata Kepala  Bidang Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas LHP Pemkab HST Rachmad Hidayat, Jumat (25/2/2022).

Kata Rachmad, keberadaan penimbunan baru (landfill) harus disiapkan untuk mengatasi volume sampah yang terus meningkat dalam setahun terakhir ini. Saat ini Tempat penimbunan sampah sistem sanitary landfill control (SLC) di TPA di Desa Telang kapasitasnya terus berkurang tak sebanding dengan jumlah sampah.

“Untuk mengatasi melubernya sampah harian rata-rata 50 ton di TPA Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (LHP) HST mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA. Dengan memaksimalkan pemanfaatan sampah non organik dan memperbanyak bank sampah,” katanya.

Rel/yus

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts