infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Peresmian Mesjid Muhammadiyah di Rangkai Tablik Akbar

Peresmian Mesjid Muhammadiyah di Rangkai Tablik Akbar

Marabahan, infobanua.co.id – Masyarakat Komplek Grand Purnama II Kecamatan Alalak patut bersyukur dan berbangga memiliki masjid megah dan representatif. Mesjid Muhammadiyah yang berada di wilayah Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala (Batola) ini diresmikan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu’ti MPd secara virtual, Sabtu (26/02/2022).

Peresmian yang dirangkai Tablik Akbar ini dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan H Ahmad Wahyudie SH MH, Ketua PWM Kalsel, para PDM se-Kalsel, PRM dan Aisyiah, donator dan para pengelola masjid serta undangan.

Acara peresmian yang dirangkai kegiatan Tablik Akbar ini menghadirkan penceramah Prof Dr H Suparman Syukur MA yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Darus-Syukur sekaligus Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan HA Wahyudie menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan Ranting Muhammadiyah Grand Purnama II, pengurus dan pengelola masjid serta seluruh masyarakat, khususnya warga Komplek Grand Purnama II atas terbangunnya mesjid yang megah ini. Selain menjadi sarana peribadatan dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan, terdapat beberapa harapan bupati atas keberadaan mesjid di antaranya hendaknya berfungsi sebagai wadah berkumpul dalam rangka mempererat ukhuwah islamiyah sekaligus sebagai tempat musyawarah terutama menyangkut kepentingan umum dan kemaslahatan warga.

Mesjid juga diharapkan bisa dijadikan sebagai tempat umat Islam untuk sama-sama berupaya dalam menunjang peningkatan dan perkembangan syiar agama Islam agar tercipta lingkungan yang agamis dan harmonis. Di samping juga diharapkan, dapat menjadi tempat semua, khususnya anak-anak, untuk belajar baca tulis Alquran, termasuk pembelajaran berbagai pengetahuan agama Islam bagi warga permukiman sekitar mesjid.

Terlebih menghadapi bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba para pengelola tempat ibadah baik mesjid, mushalla, langar, mejelis ilmu, dan lainnya diharapkan melaksanakan kegiatan keagamaan baik wajib maupun sunat. Sehingga keberadaannya dapat dimaksimalkan untuk kemaslahatan umat sekaligus mendapatkan keridhaan Allah SWT. “Kendati Batola saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan Omicron namun sepanjang tetap menaati protokol kesehatan yang ketat insya Allah kegiatannya yang dilaksanakan tidak akan membawa pengaruh,” papar bupati.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Grand Purnama II, Prof Dr H Ahmad Khairuddin MAg mengutarakan, PRM Grand Purnama II ini wajib bersyukur karena baru terbentuk sudah mempunyai mesjid yang berasal dari wakaf pribadi H Nahbani dengan tanah seluas 1.500 meter.

Sebenarnya, jelas Ketua PRM Grand Purnama II yang juga Rektor UMB ini, mesjid Ar-Rahman ini sudah terbangun dan dipergunakan sejak 1 Januari 2020 lalu, namun ketika mau diresmikan terbentur munculnya wabah Covid-19. Sehingga saat ini baru bisa diresmikan. “Mudah-mudahan mesjid ini menjadi mesjid yang makmur dan masyarakat sekitar bisa memanfaatkan keberadaannya, kendati jemaah yang melaksanakan kegiatan shalat sudah cukup banyak termasuk anak-anak.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan