infobanua.co.id
Beranda Blitar Kasus Corona Tinggi, Justru Angka Pernikahan di Kabupaten Blitar Naik

Kasus Corona Tinggi, Justru Angka Pernikahan di Kabupaten Blitar Naik

Blitar, Infobanua.co.id – Meski kasus Corona Virus Disease-2019 (covid-19) masih tinggi, justru angka pernikahan di Kabupaten Blitar, cenderung naik.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Blitar, Subkhan, mengatakan, rata-rata dalam sebulan, ratusan pasangan di Kabupaten Blitar melangsungkan pernikahan.

Dan angka tersebut cenderung terus naik meski kasus covid-19 menunjukkan trend peningkatan. Karena warga masyarakat menganggap situasi sudah normal.

Kantor Kemenag Kabupaten Blitar mencatat, ada ratusan pasangan yang melangsungkan pernikahan setiap bulannya.

Data terakhir selama bulan Januari 2022, angka pernikahan di Kabupaten Blitar mencapai 750 orang.

“Meski di masa pandemi dan kasus covid-19 yang cenderung naik selama dua bulan terakhir, rata-rata ratusan pasangan melangsungkan akad nikah setiap bulannya,” kata Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Blitar, Subkhan, Minggu 27-02-2022.

Menurut Subkhan, warga masyarakat sudah menganggap situasi sudah normal, sehingga pengajuan pernikahan juga tetap tinggi.

“Sejauh ini, baik pelayanan pendaftaran pernikahan maupun akad nikah, tetap dilakukan secara normal namun dengan ketentuan protokol kesehatan yang benar dan ketat,” jlentrehnya.

Lebih dalam Subkhan menuturkan, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan diminta tetap tegas menegakkan aturan protokol kesehatan (protkes) seperti menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan calon pengantin wajib menggunakan sarung tangan.

“Selama tahun 2021, tercatat angka pernikahan di Kabupaten Blitar mencapai 8.953 orang, mayoritas dari Kecamatan Ponggok, sebab jumlah penduduknya yang paling banyak, jika dibandingkan dengan Kecamatan yang lainnya,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan